Advertisement

Deteksi Penyebab Kemudi Mobil Berbunyi Saat Belok

Newswire
Jum'at, 05 Februari 2021 - 07:27 WIB
Nina Atmasari
Deteksi Penyebab Kemudi Mobil Berbunyi Saat Belok Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat memeriksa dan melakukan perawatan mobil, jangan lupa mengecek sistem kemudi mobil. Dengan tujuan agar kondisi dan kinerjanya selalu prima saat digunakan.

Kerusakan pada kemudi mobil bisa terdeteksi dari bunyi saat berbelok. Ketika muncul bunyi tak lazim, bisa menjadi inilah pertanda terjadinya sebuah masalah pada sistem kemudi mobil.

Advertisement

Bunyi dari sistem kemudi mobil bisa disebabkan karena beberapa hal. Mengutip laman Deltalube, dalam dunia otomotif dikenal istilah Front Wheel Alignment (FWA). Yaitu cara untuk membuat roda kanan dan kiri seimbang.

Baca juga: Ini Tips Jitu Mencegah Rem Mobil Blong

Jika terjadi bunyi saat kemudi dibelokkan, mungkin bisa diakibatkan karena terjadi keausan pada roda yang membuat FWA berubah, sehingga muncul suara itu.

Berikut adalah deteksi lokasi bunyi pada kemudi saat berbelok:

  • Terjadi ketidakseimbangan antara roda kiri dan kanan, sehingga FWA mengalami pergeseran.
  • Rack kemudi yang sudah goyang. Biasanya terjadi pada kendaraan kategori Multi-Purpose Vehicle atau MPV, juga jenis hatchback karena banyak menggunakan rack kemudi.
  • Fungsi dari rack adalah efektivitas lebih baik karena putaran kemudi yang tidak jauh. Kalau komponen ini rusak biasanya terjadi akibat gear kurang pelumas, dan rack yang aus sehingga membuat celahnya melebar, bearing rack kemudi sudah rusak sehingga menyebabkan goyang pada poros di rack dan poros rack yang bengkok.
  • Batang stabilizer merupakan komponen pada mobil untuk membuat tinggi roda kanan dan kiri di sistem suspensi menjadi stabil. Cukup sering terjadi beberapa kelemahan yang mengakibatkan bunyi saat kemudi belok dan bisa membuat seret serta menimbulkan gesekan.
  • Rusaknya Constant Velocity Joint (CV Joint) bisa menjadi salah satu penyebab bunyi saat kemudi belok. Hal ini akibat robeknya karet boot CV Joint. Sehingga pelumas keluar saat roda mobil sedang berputar. Bila ini terjadi, joint tidak terlumasi dengan baik,mengakibatkan keringnya bagian-bagian motorik yang bergerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Bantai Brighton & Hove Albion 0-4, Manchester City Tempel Terus Arsenal di Liga Inggris

Sepakbola
| Jum'at, 26 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement