Advertisement

Ini Alasan Sebaiknya Tak Gunakan Rem Tangan Saat Berhenti di Lampu Merah

Dionisio Damara
Selasa, 05 Januari 2021 - 20:27 WIB
Nina Atmasari
Ini Alasan Sebaiknya Tak Gunakan Rem Tangan Saat Berhenti di Lampu Merah Bengkel Auto2000. Bukti performa mesin mobil terjaga adalah dengan memamerkan rekam jejak servis kepada calon pembeli. - Auto2000

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Saat berhenti di lampu merah, pengendara mobil biasanya menggunakan waktunya untuk bersantai atau sekadar memeriksa ponsel. Tak jarang, beberapa pengemudi memasang rem tangan atau hand brake agar lebih rileks.

Namun, menurut Sony Susmana, Trainer Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), penggunaan rem tangan saat berhenti di lampu merah adalah keputusan yang kurang tepat. Sebab, hal ini akan membuat pengemudi kurang waspada dengan kondisi sekitar.

Advertisement

“Misalnya, saat menarik tuas hand brake, anda jadi merasa lebih aman dan santai hingga bisa melakukan banyak hal, termasuk bersantai dan mengecek ponsel. Jelas aktivitas ini sangat berbahaya karena fokus anda yang terganggu,” tuturnya, dikutip dari laman resmi Suzuki.

Baca juga: Tesla Model Baru Dibanderol Rp700 Juta di China

Sony mengatakan lampu merah bukanlah tempat yang baik untuk bersantai dan melakukan aktivitas lain yang bisa menurunkan konsentrasi.

Selain masalah fokus, saat tuas hand brake aktif, mobil memang tidak bergerak. Tetapi, tetap berbahaya karena lampu rem dalam kondisi menyala. Jika seperti ini, pengguna jalan lainnya bisa salah sangka dan berisiko menyebabkan kecelakaan.

Menurut Sony, tidak ada jalan lain kecuali pengemudi harus terus fokus sambil menginjak pedal rem. Dengan begitu, mobil tidak akan melaju dan lampu rem pun menyala. Alhasil, pengguna jalan lainnya akan tahu jika anda sedang melakukan pengereman.

Baca juga: Saatnya Beli Mobil Atau Tunggu Pajak Mobil Jadi Nol Persen Dulu?

“Selain itu, dengan posisi kaki yang tetap berada di pedal rem, anda akan tetap waspada dengan kondisi sekitar, termasuk saat lampu hijau sudah menyala atau ketika ada pengemudi lainnya yang mencoba untuk menerobos ke depan dengan memanfaatkan ruang sempit.”

Mengenai penggunaan hand brake, fitur ini diciptakan khusus untuk membuat mobil tetap diam saat diparkir di jalur yang landai atau menanjak. Hand brake juga bisa difungsikan saat terjebak macet di jalanan menanjak atau menurun dengan teknik buka-tutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Ini Jadwal Lengkap Perempat Final Piala Asia U-23

Sepakbola
| Rabu, 24 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement