Advertisement

Apple Berencana Produksi Mobil Listrik Swakemudi pada 2024

Newswire
Selasa, 22 Desember 2020 - 22:57 WIB
Budi Cahyana
Apple Berencana Produksi Mobil Listrik Swakemudi pada 2024 Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. - Bloomberg/ Toru Hanai

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Apple Inc berambisi merambah ke teknologi otomasi mobil swakemudi dengan produksi mobil baterai pada 2024.

Reuters memperoleh informasi dari sumber yang dirahasiakan yang mengetahui rencana bernama Project Titan. Proyek itu sudah berjalan sejak 2014. Apple dikabarkan sudah membuat rancangan mobil swakemudi tersebut, tetapi proyek tersebut ditarik karena mereka perlu meninjau ulang.

Advertisement

Salah seorang petinggi Apple yang pernah bekerja di Tesla Inc, Doug Field, pernah melihat kembali Project Titan pada 2018, kemudian memecat 190 orang dari tim tersebut pada 2019.

Sejak tahun lalu, Apple dikabarkan mulai menghidupkan lagi rencana membuat mobil swakemudi, mengedepankan teknologi baterai yang bisa mengurangi ongkos produksi baterai dan meningkatkan jangkauan kendaraan.

Masih belum jelas siapa yang akan merakit mobil buatan Apple, namun, sumber yang dirahasiakan tersebut mengatakan Apple akan menggunakan mitra manufaktur untuk membuat kendaraan.

Pilihan lainnya, Apple menyediakan sistem kemudi otonom untuk dipakai di mobil buatan perusahaan otomotif tradisional, namun, mobil tersebut tidak menggunakan merek Apple.

Apple disebut akan memasukkan sistem lidar untuk memindai jarak, sensor lidar ini sudah digunakan di iPhone 12 Pro dan iPad Pro. Mereka berencana untuk mengembangkan sendiri sensor lidar.

Untuk baterai, Apple akan menggunakan tipe monocell yang bisa memuat lebih banyak material aktif sehingga jangkauan mobil bisa lebih panjang. Apple kini sedang memeriksa lithium iron phosphate, yang tidak cepat panas sehingga relatif lebih aman dibandingkan dengan baterai lithium-ion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil Genoa vs Lazio Serie A: Skor 0-1, Biancocelesti Naik Peringkat Kelima

Sepakbola
| Sabtu, 20 April 2024, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement