Advertisement

Bodi Mobil Mulus Kena Noda Aspal, Begini Cara Mengatasinya

Dionisio Damara
Minggu, 15 November 2020 - 09:37 WIB
Nina Atmasari
Bodi Mobil Mulus Kena Noda Aspal, Begini Cara Mengatasinya Ilustrasi sebuah tahapan dalam proses mixing material untuk cat kendaraan. - MMKSI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mobil merupakan salah satu benda yang biasanya sangat dirawat oleh pemiliknya, termasuk penampilan bodi luarnya. Jika mobil kena noda aspal, terkadang membuat kesal karena noda itu semakin keras dan berisiko merusak lapisan cat mobil.

Tidak jarang pula, noda ini mengotori bumper, grille, rumah spion, dan bawah pintu. Mengutip Auto200, ada empat langkah yang Anda dapat lakukan untuk menghilangkan noda tersebut.

Advertisement

Pertama, cuci mobil sebersih mungkin dengan air biasa. Tujuannya agar debu, kotoran dan noda lainnya luruh. Apabila debu dan kotoran sudah terbasuh, anda akan lebih jelas melihat bagian mobil yang terkena noda aspal.

Baca juga: Ini Fase Kesehatan Mental Selama Pandemi Corona

"Setelah mencuci mobil dengan air, pastikan seluruh bagian bodi luarnya telah kering dengan sempurna. Jangan pernah membersihkan noda aspal apabila mobil anda masih dalam keadaan basah," tulis penjelasan Auto2000 di laman resminya.

Setelah mobil dicuci dan kering, kini bagian mana saja yang terkena aspal akan kelihatan. Biasanya kotoran itu menempel di pelek, bumper, grill, hingga bawah pintu.

Cara menghilangkan noda aspal di bodi mobil adalah menggunakan cairan penetran. Cairan ini banyak dikenal di dunia otomotif sebagai cairan pembersih karat. Bila noda aspalnya belum terlalu kering dan menempel ketat, maka cairan ini bisa membantu.

Langkahnya, semprotkan ke noda aspal di bodi mobil. Diamkan beberapa saat untuk membiarkan cairan meresap, setelah itu usap noda dengan perlahan menggunakan kain lembut.

Baca juga: Biji Semangka Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Catatan lain, jangan pernah menekan atau menggosok permukaan mobil yang terkena aspal secara kasar. Alih-alih noda terangkat, bodi mobil akan tergores dan cat terkelupas. Oleh karena itu, usap secara perlahan bagian noda yang sudah disemprot menggunakan kain lembut.

Apabila noda masih membandel, cara paling ampuh dan paling sering berhasil adalah menggunakan tar remover. Ini adalah cairan khusus yang dipakai untuk menghapus noda membandel pada bodi mobil, termasuk noda aspal.

Namun, berbeda dari yang bisa langsung disemprotkan ke bodi mobil, tar remover wajib disemprotkan pada kain lembut atau busa sebelum diusapkan ke bagian panel bodi mobil.

Usapkan kain atau busa tersebut ke bodi mobil yang kena aspal. Bila noda sudah terangkat dan bodi mobil bersih, segera cuci bagian panel tersebut menggunakan shampo khusus mobil dan bilas dengan air agar tar remover terangkat seluruhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Diwarnai Tiga Gol Penalti Flavio Silva dan Kartu Merah Bagi Bustos, 10 Pemain PSS Tahan Imbang Persik Kediri

Sepakbola
| Rabu, 24 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement