Pengendara Motor, Ini Tips Pengereman di Jalan Berpasir

Ilustrasi pengereman di jalan berpasir. - Istimewa
20 Oktober 2020 14:17 WIB Media Digital Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pada saat berkendara di jalan raya, pengendara sepeda motor memiliki risiko menghadapi beberapa tantangan. Salah satunya adalah kondisi jalan yang berpasir baik karena lingkungan ataupun karena aliran air hujan yang membawa pasir ke badan jalan.

Dalam berbagai kesempatan, pengendara sepeda motor diharuskan untuk melakukan pengereman di jalan berpasir. Tanpa teknik yang baik, pengereman yang dilakukan pada jalan berpasir bisa menyebabkan pengendara terpeleset karena kurangnya traksi ban pada aspal.

Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal berbagi tips melakukan pengereman di jalan berpasir.

“Melakukan pengereman di jalan berpasir jauh lebih beresiko dengan pengereman di jalan normal. Kesalahan melakukan pengereman di jalan berpasir bisa membuat ban roda motor selip dan pengendara terjatuh. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pengereman di jalan berpasir lebih aman.” kata Muhammad Ali Iqbal.

  1. Jaga konsentrasi dan perhatikan jalan di depan. Jika memungkinkan, hindari melakukan pengereman di jalan berpasir. Jaga konsentrasi dan identifikasi kondisi jalan berpasir sedini mungkin sehingga pengendara bisa melakukan pengereman sebelum titik rintangan jalan berpasir.
  2. Hindari Hard Braking. Pengereman di jalan berpasir tidak boleh dilakukan secara mendadak (hard braking) karena sangat memungkinkan roda terkunci dan selip. Pengereman harus dilakukan secara bertahap dan halus untuk meminimalisir resiko.
  3. Gunakan kedua rem. Jika tidak memungkinkan pengereman secara bertahap dan halus, hard braking harus dilakukan dengan menggunakan kedua rem. Untuk mempermudah hal ini, sekarang seluruh skutik Honda telah dilengkapi dengan fitur Combi Brake System (CBS). Fitur ini membantu pengendara untuk melakukan pengereman secara seimbang karena saat pengendara menarik tuas rem kiri maka rem depan dan rem belakang akan bekerja secara bersamaan.
  4. Optimalkan Fitur ABS. Saat menghadapi kondisi jalan yang tidak bagus baik itu dalam kondisi basah atau berpasir, fitur Anti-lock Braking System sangat membantu pengendara dalam melakukan pengereman secara optimal. Fitur ini membuat roda tidak terkunci saat pengendara melakukan hard braking. Fitur ABS saat ini tersedia di Honda PCX 150, Honda PCX Hybrid, Honda ADV150, Honda SH150i, Honda CT125, Honda Monkey, Honda Forza 250, Honda CBR150R, Honda CBR250RR, dan seluruh jajaran Honda Big Bike.

“Penting bagi setiap pengendara sepeda motor mengetahui hal-hal di atas sebelum melakukan pengereman di jalan berpasir. Semoga tips ini bermanfaat dan menghindarkan pengendara sepeda motor dari kecelakaan di jalan raya,” kata Muhammad Ali Iqbal. (*)