Mana yang Sebaiknya Digunakan Saat Parkir Motor, Standar Samping atau Standar Ganda?

Ilustrasi. - Freepik
06 September 2020 09:57 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pada kendaraan sepeda motor terdapat 2 macam standar untuk menopang motor ketika diparkir. Ada standar samping dan juga standar tengah alias standar ganda. Lalu mana yang lebih aman digunakan saat parkir?

Mengutip WhanaHonda, ketika menggunakan standar samping, motor akan menjadi miring ke samping dan lebih mudah jatuh. Sedikit saja dorongan ke arah berlawanan, maka bisa dipastikan motor akan terkapar.

Baca juga: Disney+ Hotstar Mendarat di Indonesia, Ini Cara Menonton dan Fiturnya

Biasanya juga motor akan mudah sekali meluncur ketika diparkir di permukaan yang miring atau menanjak. Sebab, standar samping malah akan menjadi poros utama motor saat di parkir. Jadi bukannya mencegah motor meluncur, standar samping malah menjadi titik pusat motor bergerak.

Selain itu, menggunakan standar samping, artinya seluruh beban motor akan bertumpu pada satu titik samping saja. Dengan penggunaan jangka lama, standar samping itu akan keropos, apalagi sering terkena panas dan hujan.

Meski demikian, menggunakan standar samping tidak begitu banyak memerlukan tenaga. Pengguna tidak perlu mengangkat motor, cukup memasang standar dan memiringkan motor.

Baca juga: Twitter Luncurkan Fitur Baru Untuk Lacak Kutipan

Sementara itu, dengan menggunakan standar ganda, maka motor akan berada dalam posisi tegak. Beban motor pun akan merata pada standar, karena titik tumpuan berada tepat di tengah badan motor. Sehingga kemungkinan motor jatuh ke samping akan sangat kecil sekali.

Begitu juga ketika motor diparkir di permukaan tidak rata atau menanjak. Resiko motor meluncur ke bawah juga sangat minim. Karena kedua sisi tumpuan standar, mampu menghambat gaya gravitasi motor untuk meluncur.

Namun, menggunakan standar tengah membutuhkan lebih banyak tenaga ketimbang standar samping. Sebab, untuk memasang standar tengah, motor diharuskan diangkat terlebih dahulu, agar titik tumpu standar bisa terpasang dengan sempurna.

Sumber : Suara.com