Volkswagen Mulai Produksi ID.4 di Pabrik Zwickau

Ralf Brandstatter, CEO of the Volkswagen Brand berdiri di sebelah ID.4 yang tengah diproduksi di fasilitas perakitan Zwickau. - VOLKSWAGEN
22 Agustus 2020 15:17 WIB Fatkhul Maskur Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Volkswagen telah memulai produksi ID.4 di Pabrik Zwickau. Model sport utility vehicle sepenuhnya listrik ini menjadi model kedua berbasis MEB yang masuk jalur produksi setelah ID.3. Peluncuran perdana dunia ID.4 dijadwalkan pada akhir September 2020.

Produksi ID.4 menggarisbawahi ambisi Volkswagen untuk menjadi pemimpin pasar dunia dalam e-mobilitas. Untuk tujuan ini, Grup menginvestasikan €33 miliar hingga 2024, termasuk €11 miliar untuk Volkswagen yang menargetkan memproduksi 1,5 juta mobil listrik pada 2025.

“Dengan ID.4, Volkswagen menambahkan kendaraan serba listrik ke dalam penawarannya di kelas SUV kompak, segmen yang bertumbuh paling besar di dunia,” kata Ralf Brandstätter, CEO Volkswagen, Jumat (20/8/2020).

BACA JUGA : Jogja Volkswagen Festival 2019, Sinergitas Antarelemen

ID.4 mengikuti ID.3 yang masuk jalur produksi terlebih dulu. ID.4 adalah model kedua yang didasarkan pada matriks penggerak listrik modular (MEB). Selain di Pabrik Zwickau, di masa mendatang ID.4 akan diproduksi di sejumlah pabrik di Eropa dan China, serta Amerika Serikat.

"Itulah cara kami menskalakan platform MEB secara global dan meletakkan dasar ekonomi untuk keberhasilan keluarga ID kami."

Thomas Ulbrich, Anggota Dewan untuk E-mobilitas Volkswagen, mengatakan produksi ID.4 ini sesuai dengan jadwal transformasi merek Volkswagen menjadi e-mobilitas. ID.3 sekarang telah diikuti oleh ID.4.

"Mengingat tantangan sosial utama dalam beberapa bulan terakhir, keberhasilan memulai produksi seri ID.4 adalah pencapaian yang luar biasa, jadi penghargaan dan terima kasih saya terutama ditujukan kepada tim Volkswagen di Saxony dan semua anggota tim ID. Model kedua di ID. sudah diluncurkan dari jalur perakitan di mana baru-baru ini, mobil ICE [internal combution engine] masih dibangun.”

BACA JUGA : JVWF 2019: Jadi Lucky Draw, VW Beetle Seri 1303 Siap 

Zwickau memainkan peran kunci dalam peralihan sistem ke e-mobilitas. Untuk pertama kalinya, pabrik manufaktur mobil besar diubah seluruhnya menjadi e-mobilitas, dengan investasi berjalan sekitar €1,2 miliar. Semua pekerjaan konversi akan selesai sesuai jadwal tahun ini. Pada 2021, akan menjadi tahun produksi penuh pertama sebagai pabrik EV, sekitar 300.000 kendaraan listrik berdasarkan matriks penggerak listrik modular (MEB) akan meninggalkan pabrik Zwickau.

Oleh karena itu, situs ini akan menjadi pabrik EV terbesar dan paling efisien di Eropa dan pelopor dalam transformasi jaringan produksi global Volkswagen. Persiapan untuk menggelar SUV listrik di tingkat internasional juga sedang berjalan lancar. Praproduksi ID.4 sudah dimulai di pabrik Anting di China, situs Chattanooga akan memulai produksi ID.4 pada 2022.

SUV Listrik Pertama Volkswagen

ID.4 didasarkan pada matriks penggerak listrik modular (MEB) Volkswagen. Ini adalah platform serba listrik yang memaksimalkan peluang yang ditawarkan oleh e-mobilitas. Dengan koefisien seret rendah 0,28 dan sistem baterai yang dapat diskalakan, ID.4 dapat menjangkau lebih dari 500 kilometer (ke WLTP). Kendaraan ini juga menawarkan banyak ruang interior, dan proporsi yang kuat memberikan tampilan eksterior yang sangat modern.

SUV pada tahap awal akan diluncurkan dengan penggerak roda belakang, sementara versi penggerak semua roda listrik akan ditambahkan di kemudian hari. Baterai bertegangan tinggi diposisikan di bagian bawah bodi mobil dengan desain sandwich untuk menciptakan pusat gravitasi rendah yang optimal dalam hal dinamika berkendara, bersama dengan distribusi beban gandar yang sangat seimbang.

Seperti semua model yang didasarkan pada matriks penggerak listrik modular (MEB) baru, ID.4 akan sangat luas berkat teknologi penggerak elektrik yang ringkas. Kokpit SUV tanpa emisi memiliki struktur yang jelas dan digitalisasi secara konsisten; Pengoperasian sebagian besar melalui permukaan sentuh dan kontrol suara intuitif.

Bagi Volkswagen, ID.4 dan ID.3 adalah tonggak penting karena merek menetapkan jalurnya menuju netralitas karbon sepenuhnya pada tahun 2050 - selaras dengan tujuan iklim Perjanjian Paris. Seperti ID.3, model saudaranya, SUV listrik ID.4 menetapkan tolok ukur baru dalam keberlanjutan. Produksi di Saxony adalah karbon-netral dan SUV listrik akan diserahkan kepada pelanggan dengan jejak karbon-netral. Tenaga hijau secara eksklusif digunakan dalam produksi sel baterai intensif energi untuk ID.4.

BACA JUGA : Siap-Siap Hati Ambyar...Didi Kempot Bakal Manggung

Dengan masuk ke e-mobilitas, Volkswagen memberikan kontribusi penting untuk perlindungan iklim dan dengan demikian menciptakan perspektif jangka panjang bagi sekitar 100.000 karyawan di pabriknya di Jerman.

Selain manufaktur di pabrik Zwickau, pabrik Komponen di Brunswick, Kassel, Salzgitter dan Wolfsburg juga terlibat dalam produksi kendaraan listrik. Mereka memproduksi komponen utama seperti motor listrik atau sistem baterai. ID.3 juga akan dibangun di Gläserne Manufaktur di Dresden mulai 2021. Pabrik manufaktur mobil di Emden dan Hanover dijadwalkan mulai membangun kendaraan listrik mulai 2022.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia