Sering Diabaikan, Ini yang Wajib Dilakukan Pengendara Saat Parkir Mobil Transmisi Matik

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
03 Mei 2020 19:07 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh pengemudi mobil dengan transmisi otomatis atau matik. Jenis mobil ini perlu perlakuan yang sedikit berbeda terutama saat parkir.

Ternyata, masih banyak pengguna yang belum tahu bila kebiasaan memindahkan transmisi ke posisi P (parkir), tanpa menarik rem tangan terlebih dahulu adalah kebiasaan yang kurang tepat.

"Seharusnya rem tangan dulu baru tuas transmisi dipindah ke posisi P," ujar Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia, di Jakarta, baru-baru ini.

Sony menambahkan, pemilik harus lihat dulu sistem transmisi matik yang ada seperti apa. Kalau didorong ke posisi P sebelum rem tangan diaktifkan, berarti yang terkunci gear box.

"Kalau terlalu sering dilakukan malah mebuat Gear lebih cepat rontok. Jadi yang benar, rem tangan dulu diaktifkan. Baru sebagai pengaman tuas transmisi di pindah ke posisi P," kata Sony.

Namun demikian, lelaki berkacamata ini tidak menampik bila masih banyak pengguna yang ragu. Karena ternyata ada mobil yang tetap gelinding.
Rem tangan

"Kalau ternyata masih gelinding, baiknya mobil dibawa ke bengkel dan disetel ulang rem tangannya," terang Sony.

Sementara untuk pengguna mobil dengan transmisi manual, tidak jauh berbeda. Lakukan hal yang sama dengan menarik rem tangan terlebih dahulu saat parkir.

"Tarik rem tangan. Saat mobil dalam kondisi mati baru dorong tuas ke posisi gigi satu," tutup Sony.