Suzuki XL7 Jadi Car of the Year, Apa Keistimewaanya?

Presiden Direktur SBAM, Hendra Kurniawan (kedua kanan) saat meluncurkan produk baru Suzuki XL7 The New Extraordinary SUV, di Hartono Mall, Sabtu (29/2)./ Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo
22 April 2020 10:22 WIB Kusnul Isti Qomah Otomotif Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Suzuki XL7 sebagai produk andalan terbaru dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil meraih penghargaan tertinggi sebagai Car of the Year dalam ajang Otomotif Award 2020 yang dilaksanakan secara virtual pada Kamis (16/4).

General Manager PT Sumber Baru Mobil yang merupakan main dealer Suzuki untuk wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas Rizki Indriananta mengatakan penghargaan ini sekaligus membuat Suzuki sebagai satu-satunya agen pemegang merek (APM) yang telah dua tahun berturut-turut menyabet Car of the Year setelah tahun lalu diraih All New Ertiga. "XL7 saat ini banyak diminati para pegawai mapan atau pengusaha yang mapan. Sebagai mobil pengganti. Jadi XL7 banyak diminati konsumen yang sudah berpengalaman memiliki mobil," kata dia, Selasa (21/4).

Ia menjelaskan XL7 memiliki beberapa keunggulan yakni ground clearence yng tidak rendah dan tidak terlalu tinggi (ideal) sehingga akses mudah. Selain itu, XL7 nyaman dikendarai dan cocok baik untuk jalan aspal maupun gravel. "Modelnya baru dan kekinian dengan sejumlah fitur. Harga juga bersaing dengan sales program yang menarik," ujar dia.

Seiji Itayama, President Director PT SIS mengatakan kemenangan Suzuki XL7 telah melalui berbagai pengujian dengan metode khusus dalam beberapa faktor penilaian seperti desain, fitur, handling, performa, konsumsi bahan bakar, dan harga. Kemenangan ini sekaligus membuktikan model yang diproduksi di dalam negeri tersebut mendapat sambutan meriah dan antusiasme yang tinggi dari masyarakat meskipun belum lama diluncurkan, yaitu pada 15 Februari 2020.

Melalui tampilan yang gagah dan desain khas SUV, interior yang nyaman dengan konfigurasi tujuh tempat duduk, serta berbagai fitur yang canggih seperti smart e-mirror dan mesin K15B berkapasitas 1.462 cc, Suzuki XL7 langsung menjadi primadona baru bagi keluarga Indonesia yang menyukai petualangan menyenangkan bersama orang-orang tercinta.

"Kami berterima kasih kepada Tabloid Otomotif dan semua pihak yang selalu mendukung Suzuki hingga berhasil menyabet penghargaan tertinggi Car of the Year 2020 untuk Suzuki XL7," kata dia.

Menurutnya, hal ini ini merupakan kado spesial saat memperingati ulang tahun ke-50 Suzuki di Indonesia. Selain Suzuki XL7, produk-produk SUV produk lain juga meraih penghargaan pada acara yang sama. "Semua penghargaan ini semakin memacu kami untuk menghadirkan produk yang kompetitif dan pelayanan yang maksimal untuk pecinta Suzuki dan masyarakat Indonesia," ujar dia.

Suzuki juga meraih penghargaan untuk model SUV lainnya, yaitu SX4 S-CROSS sebagai Best Low Crossover yang juga memenangi kategori yang sama selama dua tahun berturut-turut dan Jimny sebagai Rookie of the Year. Hal ini memperlihatkan Suzuki merupakan salah satu merek penghasil model-model SUV berkualitas di Indonesia.

"Sejak diluncurkan, Suzuki XL7 memang menjadi pilihan masyarakat dengan berhasil terjual sebanyak 2.220 unit hingga Maret, atau melebihi target penjualan bulanan sebesar 2.000 unit. Hal ini juga sejalan dengan strategi kami yang menghadirkan kembali DNA SUV di lini produk Suzuki,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Melalui penghargaan tersebut, Suzuki berharap dapat membantu memacu kinerja industri otomotif dalam masa pandemi Covid-19 melalui berita yang positif. Otomotif Award merupakan ajang apresiasi bergengsi tahunan terhadap para pelaku otomotif, baik APM roda empat dan roda dua, pelaku otomotif, pembalap, serta komunitas yang berkontribusi besar bagi dunia otomotif di Indonesia.