Honda Kenalkan Tips Nyaman Berkendara

Pengendara sepeda motor dari Astra Motor Yogyakarta memperagakan cara berkendara yang nyaman beberapa waktu lalu.-Ist - Astra Motor Yogyakarta
28 Maret 2020 23:57 WIB Media Digital Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Menjaga stamina merupakan hal penting dan krusial bagi setiap orang. Dengan stamina prima orang-orang dapat beraktivitas dengan lancar.

Hal tersebut juga berlaku bagi setiap orang yang menjadikan sepeda motor sebagai bagian tak terpisahkan dalam hidupnya baik sebagai alat transportasi sehari-hari maupun untuk memenuhi gaya hidup dan hobi. Selain faktor sepeda motor yang harus dalam kondisi prima, postur saat berkendara juga memengaruhi stamina serta tingkat keletihan setiap orang.

Safety Riding & Community Development Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal berbagi tips mengenai postur yang benar untuk mengurangi keletihan saat berkendara dengan sepeda motor.

Pertama, pandangan pengendara sepeda motor harus lurus ke depan. Ini bertujuan agar pengendara dapat menangkap informasi sebanyak mungkin terhadap kondisi jalan serta mengidentifikasi risiko yang muncul dari faktor lingkungan. Kedua, bahu atau pundak dibuat senyaman mungkin agar otot tubuh di bagian atas tidak cepat pegal atau kaku.

Ketiga, siku kanan dan kiri sedikit ditekuk agar membantu pengendara meredam getaran ke badan. Hal tersebut juga membantu pengendara untuk lebih mudah bermanuver. Keempat, tangan diposisikan memegang setang senyaman mungkin tanpa memegang tuas rem ataupun kopling.

Kelima, dalam posisi duduk, pinggul harus lurus dengan jok atau seat sepeda motor dan
dibuat posisinya senyaman mungkin. “Selain membuat pengendara tidak mudah letih posisi ini juga mempermudah pengendara untuk menjaga keseimbangan saat bermanuver,” katanya melalui rilis, Sabtu (28/3/2020.

Keenam, bagi pengguna motor sport lutut kaki pengendara harus menjepit tangki sedangkan bagi pengendara motor skutik ataupun bebek atau cub, lutut harus berada di dalam badan motor. Posisi ini akan memudahkan pengendara dalam pengendalian sepeda motor sehingga tidak menguras tenaga.

Ketujuh, kaki harus lurus dan menapak sempurna di atas pijakan kaki untuk motor sport dan bebek atau di atas dek alias badan motor untuk skutik.

“Sebagai pengendara sepeda motor, perlu memperhatikan ketujuh poin di atas. Dengan postur berkendara yang benar, niscaya stamina saat berkendara akan terjaga, tubuh tidak cepat letih, konsentrasi tetap optimal, dan pada akhirnya semua hal tersebut dapat mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara,” kata Muhammad Ali Iqbal.