Antisipasi Penularan Virus Corona, Ini Saran Dokter untuk Para Bikers

Pemudik sepeda motor. - Bisnis Indonesia/Rachman
18 Maret 2020 14:27 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Virus corona telah membuat pemerintah sejumlah daerah mencanangkan kebijakan untuk meliburkan sederet instansi agar masyarakat tak tertular virus tersebut.

Namun hal ini tak diterapkan di semua daerah. Misalnya di Jogja, masyarakat masih beraktivitas secara normal walaupun sudah ada orang yang positif terkena virus ini.

Terkait hal tersebut, menurut dr.Rinaldi Sahputera, MMR, seorang dokter dari RS PKU Muhammadiyah Wonosari berujar bahwa yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan memahami penyebaran virus tersebut.

"Penyebaran corona harus dipahami. Kan ada carrier atau pembawa, dia belum menunjukkan gejala tapi sudah membawa virus dan bisa menulari. 80% penyebaran disebabkan oleh pembawa." ujar Rinaldi, dikutip dari Suara.com.

"Karena kurang paham, itu kenapa saat pemerintah mencanangkan lockdown tapi masyarakat malah piknik." imbuhnya.

Khusus untuk para pemotor, dokter yang juga anggota dari Benelli Owner Indonesia ini mengimbau agar masyarakat mengurangi kegiatan touring terlebih dahulu.

"Hindari touring dan kopdar, setidaknya hingga 29 Mei sesuai arahan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah). Kalau solo riding secukupnya saja." kata pemilik Benelli Motobi 200 EFI tersebut.

Selain itu, jika hendak berkendara, pastikan anda menggunakan masker yang proper.

"Ketika keluar, gunakan masker. Tapi bukan masker motor karena itu kurang ampuh menangkal virus. Gunakan masker medis yang punya tiga lapisan. Selain itu, hindari pergi ke tempat-tempat ramai." kata Rinaldi.

Lalu ia juga mengimbau agar para bikers senantiasa menjaga kebersihan dan selalu jaga daya tahaun tubuh.

"Gunakan sarung tangan yang full, bukan yang kelihatan jarinya. Selain untuk mencegah sentuhan langsung, juga lebih aman. Lalu hindari menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci. Selalu sedia hand sanitizer, cuci tangan setiap berhenti dan melepas sarung tangan." tuturnya.

"Jaga daya tahan tubuh dengan makan secara teratur dan mengkonsumsi suplemen, khsuusnya vitamin C. Hindari begadang." pungkasnya.

Sumber : Suara.com