Mau yang Mana? Suzuki Jimny Baru Lebih Murah atau Seken tapi Lebih Mahal?

All New Jimny - Suzuki
04 Maret 2020 06:22 WIB Setyo Aji Harjanto Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyarankan kepada konsumen agar tidak membeli Suzuki Jimny selain di dealer resmi Suzuki. Pernyataan ini sebagai tanggapan atas munculnya Suzuki Jimny seken di sejumlah situs daring dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga produk baru. 

Setidaknya ada lima-10 unit Jimny generasi terakhir yang dijual di situs belanja online OLX Indonesia dengan harga mulai dari Rp475 juta. Padahal, berdasarkan catatan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Jimny dipasarkan dalam empat varian dengan harga on the road (OTR) per Februari 2020 berkisar Rp347,5 juta–Rp362 juta.

"Kami sih tidak menyarankan kalau konsumen sampai membeli di luar yang harganya upping sampai berapa ratus juta," kata Direktur 4 Wheel PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra kepada JIBI, Selasa (3/3).

Meski menyarankan untuk membeli di dealer resmi, saat ini pihak SIS sudah menyetop pembelian Suzuki Jimny. Pasalnya, SIS diketahui hanya mendapat jatah 50 unit perbulan dari prinsipal. Itu karena mobil ini hanya diproduksi sebanyak 5.000 unit di Kosai Plant 2 Shirasuka, Shizuoka, Jepang. Tak heran jika antreannya mengular, sebab sejumlah negara di dunia juga hanya mendapat suplai dari negeri Matahari Terbit tersebut.

"Rata-rata kami dapat 50 unit perbulan, kami punya 53 dealer berarti tiga diler yang enggak kebagian. Kenapa kami berpikir gitu karena kami maunya konsumen kami yang ada di sabang sampai merauke bisa menikmati produk ini," ucapnya.

Suzuki Jimny resmi dipasarkan di Indonesia sejak pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2019 lalu diklaim memiliki peminat yang tinggi. Mobil 4x4 mungil itu kerap disebut telah mendapat pemesanan ribuan orang di beberapa dealer.

Sebelumnya, sejumlah situs jual beli mobil bekas daring menawarkan Suzuki Jimny dengan harga mulai Rp475 jutaan hingga Rp510 jutaan.

Kondisi sport utility vehicle (SUV) mungil ini generasi terbaru itu yang ditawarkan itu rata-rata pemakaian tidak lebih dari 5.000 kilometer. Kondisinya mulus seperti baru keluar dari showroom. Meski begitu, belum ada informasi kuat terkait keabsahan surat-surat kendaraan tersebut.

Sumber : Bisnis Indonesia