Ada 2 SUV Mercedes-Benz Rakitan Lokal Terbaru

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Indonesia Guenter Haefele (kiri) menunjukkan salah satu mobil baru keluaran Mercedes-Benz, Selasa (10/12)./ JIBI/Bisnis Indonesia - Ilman A. Sudarwan
11 Desember 2019 07:27 WIB Ilman A. Sudarwan Otomotif Share :

Harianjogja.com, BOGOR–Sebelum menutup 2019, PT Mercedes-Benz Indonesia memperkenalkan dua model mobil utilitas sportif atau sport utility vehicle (SUV) terbarunya, New GLC dan New GLE yang merupakan rakitan lokal dari pabrik di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. 

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Indonesia Guenter Haefele mengatakan dua produk ini menggenapkan jumlah model kendaraan penumpang yang diproduksi di Indonesia menjadi enam model. “Tim kami di Wanaherang telah menunjukkan performa yang baik dalam beberapa bulan terakhir. Kami telah menguasai rangkaian program produksi untuk model ini, menyelesaikan peningkatan New GLC dan New GLE di pabrik kami, dan pada saat yang sama, mempersiapkan rekan kerja kami untuk dapat bekerja secara optimal di pabrik lain,” ujarnya, Selasa (10/12).

Dia menjelaskan keenam model yang kini dirakit di dalam negeri adalah C Class, E Class, S Class, GLS, GLC, dan GLE. Pada model kendaraan komersial, pabrik di Wanaherang memproduksi model truk Axor dan sasis bus.

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun mengatakan kedua model tersebut akan tersedia sepenuhnya di Indonesia pada kuartal I/2020. New GLC bahkan akan mulai tersedia di dealer mulai pekan ini.

New GLC akan dibanderol dengan harga Rp999 juta off the road Jakarta dan mulai didistribusikan kepada konsumen mulai Januari 2020. Sementara itu, dia mengatakan masih belummemiliki harga resmi untuk model New GLE. Model ini baru akan didistribusikan mulai Maret 2020.

“Untuk GLC sudah dapat dilihat di dealer kami mulai Jumat [13/12] ini, sedangkan delivery dimulai pada Januari. Untuk GLE delivery akan dilakukan Maret nanti, jadi harganya baru akan kami umumkan nanti,” ujarnya. 

Paling Laris

Dia menjelaskan kedua model SUV ini terbukti menjadi salah satu produk paling laris Mercedes-Benz di Indonesia. Dia optimistis dengan sejumlah pembaruan mobil ini akan diterima dengan baik oleh masyarakat.

Jun mengatakan New GLC merupakan versi penyegaran dari versi sebelumnya. Dengan berbagai pembaruan dan penambahan fitur, harga mobil ini hanya mengalami kenaikan sekitar Rp10 juta. Adapun, New GLE merupakan sepenuhnya model baru yang baru diperkenalkan pada ajang GIIAS 2019.

"Kami optimistis dengan kehadiran New GLC dan New GLE, yang dilengkapi dengan beragam teknologi terkini, seperti MBUX [Mercedes-Benz User Experience] serta generasi mesin terbaru yang lebih tangguh dan efisien,” katanya.

Mercedes-Benz GLC telah menjadi pemain di segmen SUV premium di Indonesia selama empat tahun. Beberapa fitur terkini dari New GLC adalah perubahan tampilan yang lebih bergaya, konsep kontrol terbaru, sistem infotainment MBUX, sistem bantuan mengemudi, dan mesin baru.

Mercedes-Benz New GLE hadir dengan pembaruan pada tampilan dan sistem bantuan pengemudi terbarunya. Mobil ini juga diberi sentuhan desain interior yang lebih luas dan sistem hiburan dengan ukuran lebih besar.

Pada peluncuran perdana pada awal 2020, GLE 450 4MATIC akan menawarkan mesin bensin enam silinder yang sepenuhnya baru, New 4MATIC. Mesin ini diklaim menjanjikan ketangkasan yang lebih baik di jalan dan kinerja yang unggul di jalur off-road.

“Setelah meluncurkan New GLE pada pameran motor GIIAS di Juli 2019, kini dengan bangga kami menawarkan GLE yang dirakit secara lokal kepada pelanggan kami di Indonesia. Desain eksterior Mercedes-Benz GLE terbaru ini tidak hanya memancarkan kehadiran dan kekuatan, tetapi juga menetapkan standar baru untuk kelincahan di segmen SUV. Interiornya bahkan lebih luas dan nyaman, dengan baris kursi ketiga sebagai standar,” katanya.

Saat ini Mercedes-Benz memiliki tujuh model di segmen SUV, yakni GLA, GLC, GLC Coupé, GLE, GLE Coupé, GLS, dan G-Class. Jun mengatakan SUV telah menjadi pilar penting dalam portofolio produk Mercedes-Benz, dengan kontribusi tinggi terhadap pertumbuhan penjualan Mercedes-Benz.

Sumber : Bisnis Indonesia