Advertisement

Pikap Buatan Indonesia Sasar Pasar di Negara ASEAN

Thomas Mola
Selasa, 24 September 2019 - 09:22 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pikap Buatan Indonesia Sasar Pasar di Negara ASEAN Model Berpose dengan kendaraan Isuzu Traga saat dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di Grand City Convex, Surabaya, Jumat (29/3/2019). - JIBI/Wahyu Darmawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebelum 2019 berakhir, industri otomotif Indonesia terus berupaya ekspansi. Pikap buatan pabrikan lokal ini menjadi salah satu produk andalan yang diekspor ke sejumlah negara. Ekspor ini bakal diramaikan dua produk lagi yakni DFSK yang mengapalkan Super Cab dan Isuzu melalui Traga.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan saat ini hanya dua merek yang mengapalkan pikap yakni Daihatsu Gran Max dan Suzuki melalui New Carry dan APV PU.

Advertisement

Daihatsu tercatat mengirimkan pikap ke Malaysia dan Brunei, sedangkan Suzuki ke kawasan Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan hingga Afrika. Pada Januari-Juli 2019, Daihatsu telah mengapalkan sebanyak 567 Gran Max, sedangkan Suzuki sebanyak 1.913 unit dengan APV PU menjadi kontributor utama.

New Carry sebagai produk baru, juga telah mulai dikapalkan oleh Suzuki dengan capaian sebanyak 905 unit. Di dalam negeri, New Carry merupakan raja pikap kecil sekaligus menjadi tulang punggung penjualan Suzuki.

Selain kedua merek itu, DFSK telah mengumumkan akan mengapalkan 3.000 unit, DFSK Super Cab 1.3 L Turbo Diesel ke Filipina pada kuartal IV/2019. Produk rakitan pabrik DFSK di Cikande-Serang itu menjadi salah satu pemain baru pikap di dalam negeri.

PT Sokonindo Automobile (DFSK) menggandeng QSJ Motors Philippine untuk memasarkan produk di negeri tetangga itu. Kerja sama itu juga terbuka untuk model lainnya yang dirakit DFSK seperti model sport utility vehicle (SUV).

"Melalui perjanjian ini, PT Sokonindo Automobile mengambil langkah strategis untuk memperluas pemasaran di wiliyah Asean,” ujar Pang Hai CEO PT Sokonindo Automobile dalam keterangan resmi,  Kamis (19/9/2019).

Merek lainnya yang juga telah menyatakan akan melakukan ekspor ialah Isuzu yang bakal mengapalkan Traga. Traga merupakan pikap medium yang diarahkan untuk dikirimkan ke berberapa negara di kawasan ASEAN. "Isuzu Traga sendiri 100% dirakit di Indonesia, di pabrik kami yang berada di Karawang, dan besar harapan kami untuk membawa Isuzu Traga ke beberapa negara di Asia Tenggara yang akan dilakukan akhir tahun ini," kata President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Ernando Demily beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement