Tak Cuma Liat Pameran Skuter, Pengunjung Bisa Belajar Sejarah Vespa

Pengunjung melihat beragam skuter pada ajang Indonesian Scooter Festival (ISF) 2019 yang digelar di Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul, Sabtu (21/9/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto
22 September 2019 02:37 WIB Salsabila Annisa Azmi Otomotif Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Indonesian Scooter Festival (ISF) 2019 kembali diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC) pada 21-22 September 2019. Kali ini ISF tak hanya sekadar menampilkan berbagai seri motor vespa, namun juga memuat unsur edukasi sehingga bisa dinikmati masyarakat bersama keluarga mereka.

Project Director ISF 2019, Kevin Pradana Tedy, mengatakan edukasi yang diberikan antara lain sejarah dari generasi ke generasi. Sebab setiap generasi memiliki perspektif berbeda-beda tentang motor vespa. "Kami display seri motor vespa dari yang sudah berkarat, hingga yang sudah direstorasi," kata Kevin saat Jumpa Pers ISF 2019 di JEC, Sabtu (21/9/2019).

Kevin kemudian memberi contoh, masih banyak masyarakat yang belum begitu mengetahui seluk beluk harga motor vespa, padahal mereka ingin memiliki motor tersebut. Dalam acara ini, masyarakat juga mendapat edukasi soal harga motor vespa berdasar serinya.

"Ada orang yang menganggap bahwa yang mulus dan baru itu harganya lebih mahal daripada yang sudah usang, padahal sebaliknya. Semakin langka, semakin berharga," kata Kevin.

Kevin menjelaskan dalam ISF kali ini juga ada booth yang memajang motor vespa seri Congo. Di dalam booth itu masyarakat bisa mengulik sejarah Vespa Congo. Di mana vespa tersebut dulunya dimiliki para TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda (KONGA) sebagai pasukan penjaga perdamaian dari Indonesia di Kongo, Afrika.

Founder ISF, Dwi Yudha Dhanu, mengatakan antusiasme masyarakat terhadap ISF 2019 lebih besar daripada tahun lalu. Terlihat dari hal yang telah mereka lakukan untuk menyambut festival ini digelar pada Sabtu kemarin hingga hari ini.

Sebagai contoh, banyak video-video menarik yang masyarakat ciptakan khususnya oleh para komunitas skuter di Indonesia untuk menyambut ISF.

"Belum lagi, banyak juga dari teman-teman komunitas skuter di Indonesia yang telah berdatangan ke Jogja sebelum festival ini digelar, bahkan ada yang sudah datang satu bulan sebelumnya," kata Yudha.

Bagi masyarakat yang tertarik mengunjungi ISF 2019, harus membayar tiket senilai Rp50.000. Nantinya potongan tiket akan diundi untuk mendapatkan Lucky Draw berupa Vespa Darling 90s.

Dalam ISF 2019 terdapat banyak acara seperti Panggung Pertunjukan Musik, Scooter Museum, ScooterMart (Lapak Klithikan), Rolling Thunder, Japan Scooter Contest, Classic Scooter Classic, Dyno Test, Scooter Talkshow, Pedal Car & Vintage Bicycle Contest, Break Dance Competition, Freestyle Scooter, Painting Helmet, Kuliner & Foodtruck dan Hot Wheels.