Advertisement

Harga Tinggi, Mobil Terbaru Ferrari Dibanderol Rp20 Miliar

Ginanjar Saputra
Jum'at, 07 Juni 2019 - 14:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Harga Tinggi, Mobil Terbaru Ferrari Dibanderol Rp20 Miliar Ferrari SF90 Stradale. (Carbuzz.com)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Produsen mobil yang berbasis di Italia, Ferrari, belum lama ini memperkenalkan mobil tercepat terbarunya, SF90 Stradale. Mobil terbaru dengan menggunakan teknologi hybird—mesin berbahan bakar minyak dan tenaga listrik—itu dibanderol 1,3 juta Euro atau setara dengan Rp20,9 miliar.

Dikutip dari Carscoop, Kamis (6/6/2019), Ferrari memang belum secara terbuka mengungkap harga SF90 Stradale . Namun banderol harga mobil tersebut tercantum di salah satu diler di Jerman Selatan.

Advertisement

Dari informasi di diler tersebut, mobil tercepat Ferrari ini baru bisa dibeli pada kuartal pertama 2020 mendatang. Harga itu bisa berubah sesuai permintaan konsumen jika ingin mengubah beberapa bagian pada SF90 Stradale .

Detik.com menyebut Ferrari SF90 Stradale menggendong mesin V8 4.0 liter turbo bertenaga 769 daya kuda dengan torsi maksimal 800 Nm. Bukan cuma itu, Ferrari juga mengemas tiga motor listrik bertenaga baterai lithium ion.

Satu motor menggerakkan roda belakang dan dua motor lainnya memutar roda depan. Motor listriknya saja menghasilkan tenaga tambahan sebesar 217 daya kuda, sehingga daya totalnya mencapai 986 tenaga kuda dengan torsi maksimal 800 Nm.

Tenaga itu disalurkan ke transmisi kopling ganda delapan percepatan. Alhasil, Ferrari SF90 Stradale bisa ngacir dari posisi diam hingga kecepatan 96 km/jam hanya dalam 2,5 detik.

Untuk sensasi mengemudinya, mobil ini bisa dikendarai dengan mode listrik murni tanpa memakai mesin bensin. Jika hanya pakai mode listrik, mobil bisa melaju sejauh 25 km dengan kecepatan maksimal 135 km/jam.

Bicara soal desain, Ferrari SF90 tetap mengusung gaya desain yang radikal dengan aksesori aerodinamika. Bagian depan sasis mobil 15 mm lebih tinggi dari tengah sehingga memungkinkan lebih banyak aliran udara melalui vortex.

Dengan aerodinamika canggih itu, SF90 menghasilkan downforce 390 kg pada 250 km/jam. Ferrari menyebut angka itu adalah tolok ukur baru untuk downforce dan efisiensi pada mobil jalan raya berperforma tinggi.

Untuk mendukung performa, mobil ini lebih ringan 13 kg daripada LaFerrari. Total beratnya hanya 1.570 kg. Sasisnya 20 persen lebih kaku.

Ferrari menyematkan layar HD 16 inci, head-up display canggih, dan kokpit yang terinspirasi dari Formula 1 dengan beberapa tombol pengontrol di setirnya. Empat mode berkendara seperti eDrive, Hybrid, Performance, dan Quality bisa diutak-atik melalui tombol di setir.

Untuk eDrive dan Hybrid, mode ini berorientasi pada efisiensi bahan bakar, mode eDrive akan mematikan mesin bensin sehingga yang bekerja hanya motor listrik, sementara Hybrid menggabungkan keduanya tapi lebih irit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hasil AS Roma Vs AC Milan di Leg Kedua 2-1, Giallorossi Melaju ke Semifinal Liga Europa

Sepakbola
| Jum'at, 19 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement