Advertisement

Mobil Esemka Jenis Barang & Penumpang Lulus Uji Tipe

Thomas Mola
Minggu, 07 April 2019 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Mobil Esemka Jenis Barang & Penumpang Lulus Uji Tipe Mobil Esemka - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kementerian Perhubungan menyelesaikan uji tipe mobil barang dan penumpang besutan Esemka. Kedua model itu menambah daftar mobil Esemka yang telah lulus uji tipe.

Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kemenhub Caroline Noorida Aryani mengatakan mobil Esemka yang terakhir diuji tipe ialah mobil barang dan penumpang.

Advertisement

"Mobil barang dan penumpang yakni Bima 1.0 (4×2) MT mobil barang, Bima 1.3 L(4×2) MT mobil barang dan tipe Garuda I 2.0 (4×4) MT mobil penumpang," ujarnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Minggu  (7/4/3019).

Caroline menjelaskan, pada Februari dan Maret 2019, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kemenhub juga telah menyelesaikan uji tipe untuk beberapa tipe mobil Esemka yakni Bima 1.3 (4×2) M/T, Bima 1.8D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Digdaya 2.0 (4×2) M/T, dan Borneo 2.7D(4×2) M/T.

Adapun, mobil Esemka diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi yang mengambil lokasi di Boyolali, Jawa Tengah. Selain Garuda, yang termasuk model kendaraan penumpang Esemka ialah Borneo yang merupakan minibus dan Niaga. Lainnya, merupakan model pikap hingga kabin ganda dengan bahan bakar bensin dan solar.

Pemerintah mewajibkan setiap kendaraan baru yang hendak dipasarkan di Indonesia wajib menjalani uji tipe dan uji emisi. Dalam uji tipe ini kendaraan akan diuji kelayakannya mulai daya tampung, kinerja semua perangkat dan kinerja mesinnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Dewa United vs Persita: Skor 4-1, Egy Maulana Vikri Sumbang 1 Gol

Sepakbola
| Kamis, 28 Maret 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement