AHM Kembangkan Link and Match

Astra Motor Yogyakarta menerima penghargaan sebagai Main Dealer dengan kinerja pembinaan SMK terbaik Nasional 2018./ Ist. - AHM
06 Maret 2019 12:00 WIB Rheisnayu Cyntara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pada 2017, sebanyak 60% pasokan tenaga mekanik baru di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) yang berada di bawah jaringan Main Dealer Astra Motor Jateng diisi oleh lulusan SMK Binaan. Sedangkan di area kerja Astra Motor Yogyakarta yang mencakup wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas, saat ini terdapat 34 SMK binaan yang tersebar di 14 kabupaten/kotamadya.

Ini merupakan komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) untuk mengembangkan link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri. Komitmen tersebut juga diwujudkan melalui penandatanganan kesepakatan kerja sama Peluncuran Program Vokasi Industri di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Kerja sama ini dilakukan oleh AHM dengan 40 SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda binaan Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah Astra Motor Yogyakarta.

GM Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin menyampaikan Jawa Tengah dengan jumlah industri yang cukup banyak memerlukan dukungan pemerintah dan industri untuk mempercepat implementasi konsep link & match pendidikan vokasi industri. AHM melalui Program Pendidikan Satu Hati, berusaha mengimplementasikan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor (Kurikulum TBSM) Astra Honda yang saat ini sudah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Khusus di wilayah Jawa Tengah, SMK Binaan Astra Honda dibimbing langsung di bawah pengawasan Astra Motor Jateng selaku main dealer sepeda motor Honda. Total sebanyak 62 SMK Binaan tersebar di 22 kabupaten dan kota.

Region Head Astra Motor Jateng, Ronaldo Widjaja mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan kemampuan generasi muda lulusan SMK agar siap bekerja di industri otomotif. Di area kerja Astra Motor Yogyakarta yang mencakup wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas saat ini terdapat 34 SMK binaan yang tersebar di 14 kabupaten/kotamadya. Ronaldo menyebut setiap tahun SMK-SMK Binaan tersebut telah meluluskan lebih dari 2.000 peserta didik yang siap masuk ke dunia industri ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. "Pada tahun 2018, sebanyak 83 lulusan SMK Binaan juga turut mengembangkan karirnya di jaringan AHASS," katanya dalam rilis, Selasa (5/3).

Region Head Astra Motor Yogyakarta, Darmawan Tjondrodihardjo mengungkapkan terus meningkatkan kualitas dan kompetensi peserta didik yang menuntut ilmu di SMK Binaan Honda. Para lulusan SMK Binaan ini juga dibekali dengan keterampilan wirausaha sebagai implementasi nyata dari Kurikulum TBSM. Astra Motor juga terus mengembangkan program-program yang mendukung kurikulum seperti program Servis Kunjung yang didesain supaya siswa dapat merasakan pengalaman bisnis dengan berlatih mengelola bengkel dalam skala kecil.