Advertisement

Banyak Pembangunan Infrastruktur, Hino New Generation Ranger Terlaris 2018

Rheisnayu Cyntara
Rabu, 13 Februari 2019 - 06:33 WIB
Mediani Dyah Natalia
Banyak Pembangunan Infrastruktur, Hino New Generation Ranger Terlaris 2018 Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Hiroo Kayanoki (ketiga kiri) berpose bersama dengan jajaran direksi di depan Hino New Generation Ranger di GIIAS 2018. - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penjualan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sepanjang 2018 secara nasional diklaim melampaui target yang ditetapkan. Begitu pula untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY. Sementara itu, produk Hino New Generation Ranger juga menjadi produk terlaris sepanjang tahun lalu.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) selama periode Januari sampai Desember 2018 tercatat Hino mampu melepas ke pasaran sebanyak 40.072 unit, hasil yang diraih pada akhir tahun ini melebihi dari target yang ditetapkan sebesar 40.000 unit. Hasil penjualan ini lebih tinggi jika dibanding hasil penjualan tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 30.007 unit atau naik 34%.

Advertisement

Dalam lingkup nasional, kategori medium duty truck melalui Hino New Generation Ranger memberikan sumbangsih penjualan sebanyak 23.901 unit atau 60% dari total penjualan Hino selama satu tahun. Penjualan medium duty truck ini naik 43% jika dibanding tahun sebelumnya yang membukukan penjualan hingga 16.768 unit. Hasil ini membuat New Generation Ranger kembali bertahta menjadi market leader di tahun ke-19 dengan menguasai market share sebanyak 64%. Sedangkan untuk kelas light duty truk, Hino New Dutro menguasai 21% market share.

Hal yang sama juga terjadi di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Branch Manager PT Hino Motors Sales lndonesia (HMSI) cabang Yogyakarta, Agus Supra mengakui selama periode Januari hingga Desember 2018, market share dikuasai oleh Hino New Generation Ranger. Bahkan di daerah, capaiannya mengungguli nasional, yakni mencapai 78% jika dihitung secara market share. "Baik di nasional ataupun daerah New Generation Ranger ini jadi yang terlaris," ujarnya kepada Harian Jogja, Selasa (12/2).

Kebutuhan Meningkat

Agus menuturkan capaian yang tinggi pada penjualan Hino New Generation Ranger ini dikarenakan tipe medium duty memang sedang dibutuhkan. Apalagi dengan banyaknya pembangunan yang dilakukan pemerintah secara besar-besaran, termasuk di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Maka tak heran jika segmen truk 6x4 untuk bisnis konstruksi dan pertambangan menjadi sektor dominan yang diwakili oleh produk Hino New Generation Ranger FM 260 JD. Begitu pula dengan sektor kargo dan logistik yang banyak menggunakan produk Hino New Generation Ranger FL 235 JW.

Agus memprediksi 2019 ini, penjualan truk medium duty seperti Hino New Generation Ranger masih akan memimpin. Pasalnya masih banyak proyek infrastruktur di wilayahnya yang belum selesai seperti pembangunan jalan tol Semarang-Jogja-Solo, New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan infrastruktur-infrastruktur pendukungnya. "Meski pembangunan ada di Semarang atau di Jogja terkadang pengusaha kan tidak berasal dari kota itu, sehingga penjualan truk medium duty ini merata di wilayah Jateng dan Jogja. Dengan banyaknya proyek yang ada, tentu ini bisa mendukung peningkatan penjualan," tuturnya.

Secara nasional, PT HMSI menargetkan total penjualan tahun ini hingga 45.000 unit atau meningkat 12% dibandingkan capaian pada 2018. Dengan masing-masing target untuk light duty truck sebesar 20.000 unit dan medium duty truck 25.000 unit. Target ini didasari optimisme dari pembangunan proyek-proyek infrastruktur yang masih banyak berjalan serta sektor logistik atau segmen kargo yang diperlancar dengan adanya tol Trans Jawa yang sudah tersambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 1 week ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Erling Haaland Absen saat Manchester City Hadapi Chelsea di Semifinal Piala FA

Sepakbola
| Sabtu, 20 April 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement