Advertisement

Siswa SMK Kesehatan Binatama Belajar Jurnalistik dan Safety Riding

Yogi Anugrah
Sabtu, 02 Februari 2019 - 12:25 WIB
Budi Cahyana
Siswa SMK Kesehatan Binatama Belajar Jurnalistik dan Safety Riding Pelatihan Jurnalistik dan Safety Riding di SMK Kesehatan Binatama, Jumat (1/2/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Yamaha bekerja sama dengan Harian Jogja menggelar Goes To School Pelatihan Jurnalistik dan Safety Riding di SMK Kesehatan Binatama, Sleman, pada Jumat (1/2/2019). Acara yang dimulai sejak pukul 11.30 WIB ini diikuti puluhan siswa dan siswi SMK Kesehatan Binatama.

Menurut Pemateri dari Yamaha, Herdyan Trikuncoro, kegiatan ini bertujuan sebagai pengenalan safety riding terhadap pelajar yang berfokus pada keselamatan riding pribadi atau single. Sebab, kata dia, sepeda motor merupakan alat transportasi paling populer sekaligus paling beresiko mengalami kecelakaan

Advertisement

“80 persen kecelakaan itu disebabkan oleh faktor pengendaranya, sisanya baru oleh faktor lainnya,” ujar dia.

Oleh karena itu, kata dia, penting untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar mengenai safety riding. Selain itu, ia juga memberikan materi tentang etika berkendara yang baik dan aman di kalangan pelajar.

“Kami juga membekali para pelajar dengan informasi-informasi mulai dari pakaian yang aman digunakan dalam berkendara, pemakaian helm yang benar, hingga tips-tips mengecek kendaraan sebelum berkendara,” ujar dia.

Dalam kegiatan tersebut, juga diberikan pelatihan jurnalistik oleh Mediani Dyah Natalia, redaktur Harian Jogja. Ia menjelaskan tentang media massa dan cara penulisan berita yang harus memperhatikan unsur 5w+1h, yaitu what, when, who, where, why, dan how.

Selain itu, ia juga berpesan di era yang serba online ini, agar semua orang harus semakin bijak dalam menerima informasi atau berita yang ada di media sosial, harus mengecek kebenarannya terlebih dahulu, agar tidak menjadi korban berita hoaks ataupun menjadi orang yang menyebarkan berita hoaks.

“Sekarang penyebar hoaks juga bisa dituntut menggunakan undang-undang dan sangat mudah dilacak oleh pihak berwajib, oleh karena itu, harus hati-hati dan mengecek sebuah informasi dan berita sebelum menyebarkannya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Cagliari vs Juventus Liga Italia: Skor 2-2, Si Nyonya Tua Sempat Tertinggal 2 Gol Hingga Jelang Akhir Babak Kedua

Sepakbola
| Sabtu, 20 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement