Adu Hebat Teknologi dan Tradisional di CustoMaxi Bali

Pemenang kategori Master Class Nmax Norma Anggraeni dengan kendaraan modifikasinya di Man Shed, Sanur, Bali, Sabtu (26/1)./Ist. - Yamaha Indonesia Motor
24 Januari 2019 12:30 WIB Kusnul Isti Qomah Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bali dikenal lewat pariwisata, tetapi tetap menjunjung tinggi budaya daerahnya, juga terlihat dari cara masyarakatnya menumpahkan kreativitas. Salah satunya di lingkup modifikasi sepeda motor yang mengangkat kemajuan teknologi dan tradisional khas Bali.

Public Relations Officer PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Hyacintha Bonafacia mengungkapkan dari perhelatan modifikasi skutik Maxi Yamaha yaitu CustoMaxi para pemenangnya menuangkan konsep teknologi dan tradisional. Event itu digelar di Man Shed, Sanur, Bali, Sabtu (26/1).

"Tema tersebut juga menjadi daya tarik pengunjung yang menyaksikan event tersebut. Popularitas skutik Maxi Yamaha karena kualitasnya terbukti memikat publik di Bali yang mewakili area berkumpulnya konsumen domestik dan mancanegara segmen itu di Indonesia," ungkap dia dalam rilisnya, Rabu (30/1).

Pemenang kategori Master Class Xmax Robert Elim memaparkan ia memilih warna merah striping silver untuk modifikasi Xmax berkonsep techno yang dilengkapi dengan part menggunakan teknologi. Misalnya menyalakan motor menggunakan handphone Android dan sidik jari.

"Dengan sidik jari misalnya untuk mendeteksi ada suara dengan kalimat-kalimat sebagai penanda hasil deteksi. Shockbreaker air suspension depan belakang, headlamp dan stoplamp LED custom. Sistem pengecatan glitter, foil, airbrush. Pada dasarnya saya suka Xmax karena nyaman dikendarai. Saya pernah turing naik Xmax dan juga kopdar, mudah dimodifikasi juga," tutur dia.

Pemenang kategori Master Class Nmax Norma Anggraeni menjelaskan Nmax kepunyaannya menonjolkan warnanya yang unik, biru keabu-abuan. Joknya juga dibuat berbeda dengan sistem motorized bisa dibuka dengan remote. Body custom kit dan rapi karena pakai fiber. "Nmax saya beli untuk modifikasi dan juga dipakai harian. Bangga rasanya naik Nmax. Pernah touring ke Malang, rasanya nyaman dan bensin irit,” papar dia.

Pemenang kategori Master Class Aerox 155 Gamma mengatakan sesuai karakter Aerox, untuk CustoMaxi ini temanya racing look. Karena kompetisinya ketat, teknologi dan harmonisasi modifikasinya harus benar-benar diperhatikan.

"Seperti untuk Aerox saya ini joknya motorized. Motornya juga bisa jalan sendiri menggunakan remote control dan roda pembantu buat keseimbangan. Warna motor beragam biru, putih ditambah merah dan oranye supaya makin tampak menonjol. Saya suka Aerox motornya sporty, tampak gagah mengendarainya dan beda dengan yang lain," jelas dia.

Pemenang kategori Rising Star Lexi Novian Wijaya mengatakan tema modifikasi Lexi yang ia pilih adalah ukiran tradisional Bali. "Saya ingin mengembangkannya untuk motor matik karena belum biasa digunakan buat motor tipe itu. Warnanya campur ungu, biru, kuning supaya terlihat sexy Lexi. Kalau kena cahaya warnanya lebih terlihat. Joknya juga saya buat ada lekukan sesuai tema ukiran dan warnanya juga campur. Lexi ini dipakai istri saya dan warnanya pilihan anak saya. Motor nyaman, dek lega, dan ada colokan charger handphone," ungkap dia.