20% Konsumen Yamaha Beralih ke Skuter Premium

Skuter Lexi, - Yamaha
12 Desember 2018 12:30 WIB Rheisnayu Cyntara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Setidaknya 20% konsumen segmen low press model Yamaha di Jogja mulai beralih ke skuter premium seperti NMax dan Lexi yang masuk dalam kategori Maxi Family. Peralihan tersebut ditengarai karena konsumen mulai memperlakukan sepeda motor sebagai lifestyle, bukan lagi sebatas alat transportasi.

General Manager Marketing Yamaha SBM DIY, Nur Kholis menyatakan sejak peluncurannya, Maxi Family terutama NMax dan Lexi memang sangat mendominasi pasar automatik Yamaha. Segmen automatik premium ini memang tak hanya berfokus pada utilitas produk tetapi juga sisi lifestyle dari sepeda motor. Maka menurut Kholis, kecenderungan bergesernya 20% konsumen low press model ke skuter automatik premium ini bisa dipahami sebagai pergeseran persepsi pasar terhadap sepeda motor.

“Menurut kami ini positif karena Maxi Family diperuntukkan sebagai lifestyle juga. Jadi sekarang konsumen, terutama generasi muda mulai butuh konsumsi sepeda motor sebagai gaya hidup,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (11/12).

Kholis menuturkan kecenderungan ini juga dikarenakan kemudahan yang ditawarkan Yamaha untuk memiliki automatik premium. Menurutnya, dari segi harga memang ada rentang harga yang cukup signifikan antara low press model dengan automatik premium. Misalnya harga Yamaha Mio ada di kisaran Rp16 juta, sedangkan NMax ada di kisaran Rp27 juta. Namun dari segi uang muka, konsumen bisa membawa pulang keduanya dengan membayar Rp1 juta saja. Angsurannya pun cukup terjangkau, jika Mio ada di kisaran Rp650.000 per bulan, NMax hanya Rp800.000 per bulan. “Jadi konsumen tidak terlalu terbebani meski pindah ke segmen yang lebih up, hanya beda sekitar Rp200.000 sudah bisa punya automatik premium,” ujarnya.

Karena kemudahan tersebut, Kholis menuturkan NMax menyumbang cukup besar dalam peta penjualan sepeda motor Yamaha di Jogja, yakni sekitar 35%-40% dari total keseluruhan. Sedangkan jika dirata-rata dalam sebulan, SBM Yamaha Jogja bisa menjual NMax hingga 500 unit, sedangkan Lexi bisa mencapai 300 unit per bulan. Tren ini menurutnya masih akan berlanjut hingga 2019 mendatang. Ia memprediksi Maxi Family masih akan diminati oleh pasar, terutama generasi muda.