Advertisement

GM Tutup 3 Pabrik, Gara-gara Sedan Sepi Peminat?

Fatkhul Maskur
Kamis, 29 November 2018 - 14:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
GM Tutup 3 Pabrik, Gara-gara Sedan Sepi Peminat? Chevrolet Impala. - REUTERS

Advertisement

Harianjogja.com, DETROIT - Pengumuman monumental General Motors Co pada Senin (26/11/2018) yang akan menutup tiga pabrik perakitan mobil di Amerika Utara dan memangkas tenaga kerjanya hanya akan menutup sebagian kesenjangan antara kapasitas dan permintaan model sedannya, menurut analisis Reuters berdasarkan pada data produksi industri dan kapasitas.

Penjualan mobil penumpang tradisional di Amerika Utara telah menurun selama 6 tahun terakhir.

Advertisement

Setelah mengakhiri produksi di pabrik di Michigan, Ohio, dan Ontario tahun depan, GM akan tetap memiliki empat pabrik mobil AS, semuanya beroperasi dengan kapasitas kurang dari 50%, sesuai dengan angka LMC Automotive.

Sebagai perbandingan, rivalnya yang berbasis di Detroit Ford Motor Co dan Fiat Chrysler Automobiles NV akan memiliki satu pabrik, masing-masing di Amerika Utara setelah 2019.

Detroit Three menghadapi permintaan yang semakin menipis untuk mobil penumpang tradisional dari konsumen AS, banyak dari mereka telah beralih ke crossover dan truk. Mobil penumpang menyumbang 48% dari penjualan kendaraan ringan ritel di Amerika Serikat pada 2014, menurut para peneliti pasar di J.D. Power and Associates. Tahun ini, sedan akan menyumbang kurang dari sepertiga penjualan kendaraan ringan.

Pergeseran itu pada gilirannya telah menyebabkan sebagian besar pabrik mobil Amerika Utara beroperasi jauh di bawah kapasitas mereka, sementara banyak pabrik SUV dan truk berjalan dengan waktu lembur.

Keruntuhan permintaan mobil penumpang merupakan tantangan bagi hampir semua produsen mobil di Amerika Serikat, termasuk Toyota Motor Corp Jepang dan Honda Motor Co Ltd, yang memiliki model terlaris di segmen mobil kompak dan menengah.

Para eksekutif Toyota mengatakan bulan lalu bahwa mereka mengevaluasi jajaran model perusahaan AS. Namun, Toyota juga berencana untuk membangun sedan Corolla kompak di pabrik baru senilai US$1,6 miliar yang sedang dibangun di Alabama dengan mitra Mazda Motor Corp.

Kendala yang dihadapi GM dalam rencananya untuk menutup lebih banyak pabrik mobil menjadi jelas pada Selasa (27/11/2018) karena Presiden AS Donald Trump mengancam akan memblokir pembayaran subsidi kendaraan listrik pemerintah kepada GM.

Meskipun tidak pasti bahwa Trump secara sepihak memiliki kekuatan untuk melakukan itu, ia menjelaskan bahwa ia bermaksud untuk menggunakan kantornya untuk menekan perusahaan agar tetap membuka pabrik mobil kecil di Ohio yang menurut GM akan menghentikan pembangunan kendaraan pada Maret.

Ditanya apakah rencana GM untuk menutup pabrik dan mengurangi pekerjaan mungkin tidak memecahkan masalah permintaan terhadap sedannya, juru bicara GM Kimberly Carpenter mengatakan pada Selasa, “Kami terus melihat peluang meningkatkan efisiensi dan pemanfaatan kapasitas. Kami percaya tindakan yang diumumkan kemarin menggerakkan kami ke arah yang benar dan kami akan terus memantau pasar dan tren konsumen dan menyesuaikan dengan tepat.”

Saham produsen mobil AS Nomor 1 ditutup 2,5% lebih rendah pada US$36,69 pada Selasa, setelah naik hampir 5% pada hari sebelumnya.

PESAING

Para eksekutif GM mengatakan mereka tidak berniat meninggalkan mobil sejauh Ford dan FCA memilikinya. Pabrik mobil GM yang akan tetap terbuka termasuk Fairfax, Kansas, itu memproduksi SUV kompak Chevrolet Malibu dan Cadillac XT4. Tapi pabrik itu pun beroperasi pada 48% kapasitas, jauh di bawah 80% yang GM Chief Executive Mary Barra targetkan sebagai rata-rata untuk Amerika Utara.

Sebuah pabrik GM di Lansing, Michigan, yang memproduksi Cadillac ATS dan CTS dan Chevrolet Camaro berjalan hanya dengan kapasitas 33%, sementara GM Orion Township, Michigan, fasilitas yang membangun mobil listrik Chevrolet Bolt dan subkompak Chevrolet Sonic berjalan pada 34% kapasitas. Sebuah pabrik Bowling Green, Kentucky, yang membangun mobil sport Chevrolet Corvette bekerja pada 27% dari potensi outputnya, menurut data LMC.

"Hingga GM mendapat lebih banyak fleksibilitas dalam platformnya, ia akan terus memainkan peran dengan pabriknya sebagai transisi pasar - dan itu akan terjadi lagi," kata analis LMC, Bill Rinna.

Secara keseluruhan, empat pabrik mobil GM yang akan tetap terbuka memiliki kapasitas gabungan lebih dari 800.000 kendaraan per tahun, tetapi diperkirakan akan memproduksi hanya 360.000 mobil tahun ini, menurut LMC.

Analis industri telah mengatakan titik impas umum untuk menjalankan pabrik perakitan secara menguntungkan adalah sekitar 80%. Barra mengatakan pada Senin, pabrik GM di Amerika Utara berjalan dengan kapasitas 70% - termasuk truk dan pabrik SUV yang bekerja lembur.

Ford berencana untuk mengakhiri produksi model Taurus di pabrik Chicago pada Maret, yang juga memproduksi SUV Explorer dan Aviator. Itu akan membuat pabrik mobil ini hanya dengan satu pabrik mobil AS, di Flat Rock, Michigan, yang saat ini membangun model sedan Ford Mustang dan Lincoln Continental.

Mustang adalah model desain ulang ringan hingga 2021, adapun Continental dijadwalkan akan dihapus kemudian, menurut dua sumber yang akrab dengan rencana perusahaan. Flat Rock hanya beroperasi pada 49% dari kapasitas, tetapi Ford telah mengatakan rencananya untuk menambahkan produk baru ke pabrik, termasuk kendaraan otomatis pertama, pada 2021.

Fiat Chrysler masih membangun sedan Chrysler 300 dan Dodge Charger dan Challenger ukuran penuh di pabriknya di Brampton, Ontario. Permintaan untuk mobil-mobil besar itu tetap kuat, dan pabrik itu berjalan dengan kapasitas hampir 80%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Milan vs Inter Skor 1-2: Nerazzurri Juara Liga Italia 2023/2024, Pertandingan Panas Diwarnai 3 Kartu Merah

Sepakbola
| Selasa, 23 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement