Advertisement

Manfaatkan Platform Online, Adira Genjot Pembiayaan Mobil Bekas

Rustam Agus
Kamis, 22 November 2018 - 18:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Manfaatkan Platform Online, Adira Genjot Pembiayaan Mobil Bekas Salah satu bursa mobil bekas di Jalan Magelang, Sleman ini menjadi rujukan masyarakat yang membutuhkan kendaraan dengan harga terjangkau, Selasa (19/6/2018). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com JAKARTA—PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) menggenjot pembiayaan mobil bekas. Perusahaan pembiayaan ini pun menggandeng platform online.

Direktur Penjualan, Servis dan Distribusi Adira Finance Niko Kurniawan B menargetkan pembiayaan dari kerja sama melalui penjualan dengan platform online OLX Indonesia sekitar 500 unit dalam sebulan dengan nilai sekitar Rp10 miliar. “Program kerja sama sangat membantu karena di luar kompetitor sangat banyak,” tuturnya, Rabu (21/11).

Hingga Oktober 2018, Adira Finance telah menyalurkan pembiayaan senilai Rp31,4 triliun. Adapun portofolio pembiayaan kendaraan roda empat sekitar 52%, sementara kontribusi kendaraan bekas masih sekitar 20%. Pembiayaan mobil bekas masih didominasi oleh mobil keluarga.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Di samping itu, pemberlakuan ganjil genap oleh Kementerian Perhubungan juga mengerek penjualan mobil bekas meskipun tidak signifikan. “Tidak begitu besar. Kebanyakan masih beralih ke motor dan transportasi umum. Kenaikan pembiayaan motor juga didorong oleh data industri yang naik 8 persen,” tuturnya.

Adira Finance mencatat nonperforming financing (NPF) sebesar 1,8% pada Oktober 2018, menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1,9%. Adapun rasio kredit macet mobil bekas, kata Niko, masih lebih tinggi dibanding mobil baru. Namun, secara umum, NPF Adira Finance masih terjaga, jadi Niko tidak terlalu khawatir dalam memberikan pembiayaan mobil bekas

Akuisisi pertama sangat memengaruhi, seperti memilih dealer. Akuisisi jangan sampai ada kesalahan sehingga pelanggan tidak mampu bayar. Kedua, maintenance atau kemudaha bagi pelanggan dalam melakukan pembayaran angsuran. Dua faktor itu penting untuk menjaga NPF,” tuturnya.

Head of Marketplace Development Operations OLX Indonesia Kamalesh Bathala Chandrasekar mengatakan delapan dari 10 dealer mobil bekas di Indonesia sudah menggunakan OLX. Bahkan, ada 700.000 pengguna aktif yang tertarik membeli mobil bekas di platform-nya.

Saat ini 80 persen penjualan mobil kami adalah mobil bekas. Melalui program ini, kegiatan ini tidak hanya melibatkan para penjual mobil yang terpercaya, tetapi juga berbagai mitra profesional di bidang otomotif,” tuturnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Juventus Mulai Bernegosiasi untuk Gaet Pulisic dari Chelsea

Sepakbola
| Jum'at, 30 September 2022, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement