Advertisement

Porsche Siapkan 150 Juta Euro untuk Investasi di Start up

Fatkhul Maskur
Rabu, 26 September 2018 - 22:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Porsche Siapkan 150 Juta Euro untuk Investasi di Start up Porsche Classic. - Porsche

Advertisement

Harianjogja.com, STUTTGART—Porsche meningkatkan total investasinya dalam kegiatan modal ventura sebesar 150 juta euro untuk lima tahun ke depan. Tujuan dari "Porsche Ventures" adalah untuk mendapatkan akses ke tren, teknologi baru, dan model bisnis.

Kegiatan investasi yang dilakukan oleh Porsche Ventures membangun sebagian kegiatan investasi awal perusahaan yang sudah ada. Sebagai investor strategis, Porsche berfokus pada investasi dalam model bisnis yang berkaitan dengan pengalaman pelanggan, mobilitas, dan gaya hidup digital, serta teknologi masa depan seperti kecerdasan buatan, blockchain, serta virtual dan augmented reality.

Advertisement

Melalui aktivitas modal ventura, pabrikan mobil sport ini berusaha berinvestasi di perusahaan baru yang berada di fase awal dan fase pertumbuhan.

“Untuk terus membangun kesuksesan yang kami nikmati selama beberapa tahun terakhir, kami harus mengubah model bisnis secara mendasar," kata Lutz Meschke, Wakil Ketua dan Anggota Dewan Eksekutif untuk Keuangan dan TI di Porsche AG, dalam keterangan pers, Selasa (25/9/2018).

Dia menambahkan bahwa Porsche selalu menjadi salah satu pelopor industri otomotif. Hingga saat ini, inovasi telah didorong ke tingkat yang besar oleh teknologi dan dengan hubungan yang kuat dengan kompetensi inti saat ini.

Dalam beberapa kasus, perubahan yang sekarang menjadi perlu terkait dengan topik di luar bidang keahlian utama Porsche. Dengan pemikiran ini, penting bahwa Porsche membangun ekosistem yang kuat dengan mitra yang kompeten.

Kepemilikan saham minoritas di start up Gapless yang berbasis di Berlin mewakili investasi terbaru Porsche Ventures. Perusahaan baru ini memungkinkan pelanggan untuk mengelola kendaraan vintage mereka secara digital, termasuk seluruh sejarah kendaraan, dan berbagi informasi ini dengan pengguna lain dalam format aman yang mencegah pemalsuan.

Untuk menawarkan layanan ini, permulaannya mengembangkan solusi berdasarkan teknologi blockchain yang dirancang untuk mempertahankan atau meningkatkan nilai potongan kolektor. Gapless saat ini dalam tahap pondasi dan mempekerjakan 9 anggota staf.

Porsche Ventures juga baru-baru ini berinvestasi di perusahaan teknologi WayRay yang tumbuh cepat. Start up yang berbasis di Zurich ini mengembangkan dan memproduksi teknologi tampilan holografik augmented reality head-up dan bekerja pada kemampuan untuk menyelaraskan objek virtual ke dalam pengalaman berkendara.

Porsche membeli WayRay sebagai investor utama strategis selama putaran pendanaan Seri C. Nilai total putaran pembiayaan adalah US$80 juta.

Selain itu, pabrikan mobil sport yang berpusat di Stuttgart memiliki saham sebagai investor strategis di perusahaan baru Anagog, Miles dan home-iX, serta perusahaan teknologi dan mobil sport Rimac.

Bersamaan dengan penawaran investasi langsung, Porsche berinvestasi dalam dana modal ventura terpilih, seperti e.ventures di Eropa dan Amerika Serikat serta dana Magma dan Grove di Israel. Perusahaan ini juga merupakan anggota platform inovasi "Startup Autobahn".

Pada Maret 2018, Porsche Digital bekerja dengan Axel Springer sebagai bagian dari usaha patungan meluncurkan program akselerator start-up APX.

Namun, dalam usahanya mencari mitra yang cocok, Porsche tidak berinvestasi di perusahaan baru saja. Selain transaksi yang dilakukan melalui Porsche Ventures, pabrikan mobil sport ini berinvestasi dalam bisnis yang mapan yang membuat perbedaan di bidang mobilitas melalui perintis teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Cagliari vs Juventus Liga Italia: Skor 2-2, Si Nyonya Tua Sempat Tertinggal 2 Gol Hingga Jelang Akhir Babak Kedua

Sepakbola
| Sabtu, 20 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement