TIPS OTOMOTIF : Pentingnya Mengenali Mobil Sendiri

Wartawan saat mendengarkan penjelasan mengenai perawatan yang bisa dilakulan sendiri di Outlet Astra International Daihatsu Jl Majapahit, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/2/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI - Harian Jogja)
20 Februari 2016 17:20 WIB Kusnul Isti Qomah Otomotif Share :

Tips otomotif diberikan oleh PT Astra Daihatsu Motor, yakni mengenali mobil sendiri

Harianjogja.com, SEMARANG--Pemilik kendaraan mobil sebaiknya mengenali komponen-komponen mobil yang dimiliki. Agar, pemilik mobil bisa melakukan perawatan dengan tepat.

Instruktur Technic Training Centre PT Astra Daihatsu Motor Ichsan Ady Permana mengatakan, pengetahuan dasar mengenai otmotif akan membantu pengendara untuk memahami kendaraan yang dimiliki. Mereka akan mampu melakukan perawatan yang bisa dilakukan sendiri.

"Misalnya untuk memilih pelumas atau oli yang tepat untuk mobil," ujar dia dalam workshop otomotif untuk wartawan di Outlet Astra International Daihatsu Jl Majapahit, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (19/2/2016).

Ia menjelaskan, jenis oli yang dibutuhkan setiap mobil bisa berbeda tingkat kekentalannya. Hal itu tergantung dari tahun pembuatan mobil. Mobil-mobil yang dibuat pada 1990an ke belakang, leboh cocok dengan oli yang kental karena banyak rongga atau ruang pada komponen mesin. "Sebaliknya, mobil-mobil baru mesinnya lebih presisi sehingga butuh oli encer yang lebih cepat masuk ke celah-celah kecil dibandingkan oli kental," ujar dia.

Selain itu, untuk memilih oli mesin bisa memperhatikan standar American Petroleum Institute (API) dan Society of Automotive Engineers (SAE) yang tertera di kemasan oli. API merupakan nilai level oli menurut service classification untuk mesin bensin l.

Ada empat kategori dari yang terendah hingga tertinggi yakni  SJ, SL, SM, dan SN. Kemudian, SAE merupakan nilai standar viskositas atau kekentalan pada suhu 100°C dan pada suhu 18°C. Kekentalan merupakan ukuran dari tebal lapisan oli serta kemampuan mengalir oli.

Ia juga menjelaskan mengenai komposisi mobil yang terdiri dari  mesin, steering, suspensi, sistem penggerak, rem, serta roda. Ichsan juga menunjukkan bagaimana melakukan perawatan yang bisa dilakukan sendiri seperti penggantian ban sendiri, pengecekan engine oil stick, engine oil fill cap, battery, washed fluid, serta radiator coolant.