Tenaga Honda CBR150R Lebih Maksimal, Ini Penyebabnya

Honda New CBR150R. (Twitter.com)
19 Februari 2016 01:35 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Tenaga Honda CBR150R lebih maksimal, hal ini dikarenakan penggunaan lampu LED.

 
Harianjogja.com, BOGOR — Salah satu perubahan yang ada pada All New CBR150R adalah pada sistem kelistrikannya. Dengan menggunakan lampu berteknologi LED, kelistrikan yang dibutuhkan pada All New Honda CBR150R jauh lebih kecil.

Instruktur Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno menyebut, penggunaan teknologi lampu LED akan menghemat konsumsi kelistrikan dan berpengaruh pada tenaga mesin yang dihasilkan serta konsumsi bahan bakarnya. Sebab, lampu LED hanya butuh daya yang kecil.

"Karena dia pakai LED otomatis tenaga dari mesinnya lebih maksimal, bensin yang masuk juga berpengaruh. Karena mesin kan sumbernya. Salah satunya irit, ini spool ini pengaruh. Karena kan pada lampu bohlam, sinarnya banyak, elektrik yang dibutuhukan besar, sumber listrik gede, tenaganya gede. Itu yang memberatkan gerakkan crankshaft," kata Endro di Sirkuit Karting Sentul, Kab. Bogor, Jawa Barat, Kamis (18/2/2016).

Endro menjelaskan, lampu bohlam yang memberatkan kinerja crankshaft mesin itu berpengaruh pada performa mesin dan konsumsi bahan bakarnya. Jadi, menurut Endro penggunaan lampu LED ini berpengaruh pada tenaga dan konsumsi bahan bakar.

"(Pada lampu bohlam) kita memerlukan sinar lampu terang tapi watt harus gede. Otomatis sumber listrik yang dibutuhkan juga gede, gelombang yang gede membutuhkan magnet yang gede sehingga membebani putaran crankshaft. Pengaruhnya performa, (kalau crankshaft berat) tenaganya kan harus ngeden otomatis bensin yang masuk lebih banyak. Kalau ini (LED) sumber listrik enggak perlu gede-gede. Otomatis gelombang magnet enggak terlalu besar. Tenaga lebih cepat tapi otomatis bensin yang dibutuhkan enggak banyak," jelas Endro.

Dia menyebut, lampu LED pada All New CBR150R ini hanya membutuhkan tenaga listrik yang kecil. Perbedaannya pun cukup jauh jika dibandingkan dengan CBR150R model lama.

"Contohnya, model lama ketika menggunakan lampu low dayanya 35 watt. Itu satu lampu. Dua lampu jadi 70 watt (CBR150R generasi sebelumnya menggunakan dua lampu bohlam di depan). Sedangkan yang sekarang hanya 11,4 watt dan kalau pakai lampu high jadi 14,4 watt. Begitu juga dengan lampu sein yang sekarang hanya 2,5 watt, sebelumnya 21 watt," ujar Endro.

Selain tenaga dan efisiensi bahan bakar yang lebih maksimal, aki pun lebih awet. Endro mengatakan, umur aki bisa lebih dari satu tahun jika menggunakan lampu berteknologi LED.

"Kelistrikan di All New Honda CBR150R lebih kecil, otomatis akinya juga bisa lebih hemat. Bisa lebih dari satu tahun kalau motor sering digunakan setiap hari," katanya