MOBIL PEUGEOT : Peugeot 208 Blue HDi Jadi Mobil Terbersih

Peugeot 208 Bluecore HDi (Peugeot)
16 Februari 2016 09:35 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Mobil Peugeot 208 Blue HDi mendapatkan predikat sebagai mobil terbersih.

 

 

Harianjogja.com, LONDON — Varian hatchback Peugeot 208 yang bermesin diesel 1.6000 cc Blue HDi disebut sebagai mobil non hybrid paling bersih karena tingkat emisinya hanya 79 gram per kilometer. Bahkan, konsumsi bahan bakar (BBM) mobil itu diklaim hanya 3 liter untuk jarak 100 kilometer.

Sebuah laporan yang dikutip Autoevolution, Senin (15/2/2016), mobil yang ditawarkan dalam versi tiga dan lima pintu itu bertenaga 74 hp. Dia menjadi jagoan baru bagi PSA Peugeot Citroen Group dalam persaingan diantara mobil paling ramah lingkungan sesuai dengan standar anyar tentang emisi gas buang.

Pada saat ini, PSA Group adalah pemimpin pasar di Eropa untuk emisi CO2. Rata-rata gas buang di seluruh jajaran produknya, saat ini, mencapai 110,3 gram/km. Bahkan di varian bertenaga paling 'hot' tingkat emisinya mencapai 95 gram/100 kilometer.

Namun, meski terbilang irit dengan emisi gas buang rendah, bukan berarti tenaganya lemot. Terbukti, Peugeot juga memiliki model dengan semburan tenaga mencapai 100 – 120 PS.

Sementara, transmisi yang digunakan untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda, selain manual juga otomatis. Transmisi tersebut memiliki enam tingkat percepatan.

Lantas apa rahasia mobil itu mampu mengembuskan gas buang CO2 dalam tingkat rendah? Jawabannya adalah, karena peranti Selective Catalytic Reduction. Peranti ini dikombinasikan dengan filter aditif, dan perangkat start-stop.

Hanya memang, satu hal yang patut diingat, adalah pengetesan mobil sehingga menghasilkan tingkat emisi dan konsumsi BBM sebesar itu dilakukan dalam kondisi yang ideal. Selain itu pengetesannya memenuhi kaidah dan standar European New Driving Cycle.

Standar pengetesan tersebut juga harus dilakukan oleh semua produsen mobil yang menjual mobilnya di Eropa termasuk Inggris