MOBIL BARU ASTON MARTIN : Ini Dia Jagoan Baru Aston Martin

Aston Martin DB11 (Autoexpress)
16 Februari 2016 04:35 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Mobil baru Aston Martin, DB11 mulai diperkenalkan pada ajang Geneva Motor Show 2016.

 

 

 

Harianjogja.com, LONDON — Aston Martin akan meluncurkan model anyar andalannya, Aston Martin DB11, di gelaran Geneva Motor Show 2016, Maret mendatang. Mobil anyar pengganti DB9 itu digadang-gadang menjadi pendulang keuntungan setelah selama lima tahun berurut-turut merugi.

Seperti dilaporkan Automotivenews European, Senin (15/2/2016), model itu akan dijajakan ke seluruh penjuru dunia mulai kuartal ketiga tahun ini. Dalam jajaran model besutan Aston Martin, dia diposisikan di antara versi terbaru Aston Martin Vantage dan Aston Martin Vanquish.

"Kedua model (Vantage dan Vanquish) terbaru itu, bakal dipasarkan pada 2018 mendatang," ujar sumber yang dikutip laman tersebut.

Manajemen Aston Martin saat ini juga bersikap hati-hati menanggapi kritik yang menyebut ada kemiripan antara DB11 dengan Aston Martin DB9 dan Aston Martin Vantage. "Orang bisa saja berdebat bahwa tidak ada perbedaan yang jelas antara DB9 dan Vantage (dengan DB11). Tetapi (sebenarnya) bisa dengan mudah membedakan antara keduanya," ujar Chief Executive Officer Aston Martin, Andy Palmer.

Pabrikan mobil mewah asal Inggris itu memang belum merilis gambar maupun rincian teknis DB11. Meski begitu, sejumlah sumber mengatakan, model itu mengusung mesin V12 berkapasitas 5.200 cc yang dilengkapi twin-turbocharger baru.

Adapun Aston Martin DB9, mengusung mesin naturally aspirated V12 berkapasitas 6.000 cc 12 silinder. Mesin itu juga digunakan beberapa model Aston Martin lainnya.

Perangkat turbocharger tersebut kabarnya disediakan oleh Mercedes-Benz. Maklum, induk pabrikan asal Jerman itu--yakni Daimler AG--adalah pemegang 5 persen saham Aston Martin.

Selain itu, Mercedes juga akan menyediakan sistem kelistrikan untuk DB11. Bahkan, fitur perangkat hiburan dan peralatan radar aktif untuk menunjang keamanan dan kenyamanan mobil.

Adapun platform yang digunakan adalah platform baru yang juga digunakan oleh Aston Martin Vantage dan Aston Martin Vanquish versi terbaru. Meski tercatat sebagai penerus DB9, namun mobil ini tak menggunakan nama DB10.

Soalnya, Aston martin DB10 telah dibuat dan telah digunakan untuk film James Bond 'Spectre'. Mobil itu tak diproduksi secara massal.

Setelah meluncurkan DB11, Vantage dan Vanquish terbaru, Aston Martin juga bakal menggelonrokan varian Sport Utility Vehicle (SUV) yang berbasis mobil sport itu. Mobil itu adalah Aston Martin DBX dan sedan Lagonda. Bahkan versi listriknya juga akan dikembangkan.

Andy Palmer – mantan eksekutif di Nissan Motor Company - yang bergabung dengan Aston Martin pada tahun 2014 itu berjanji akan memberikan keuntungan yang konsisten di merek mobil sport. "Dalam 102 tahun kami telah menciptakan merek yang fantastis tetapi bukan bisnis yang fantastis," ucapnya.

Dalam rentang waktu sejarahnya itu, Aston Martin telah mengalami kebangkrutan hingga tujuh kali.