Pengen Ban Awet? Perhatikan Hal Ini

01 Februari 2016 17:35 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

Pengen ban mobil Anda awet? Sebaiknya Anda simak beberapa tips di bawah ini

Harianjogja.com, JAKARTA -- Untuk Anda yang memiliki mobil, jangan malas ya untuk merawat ban mobil. Perawatan ban berguna untuk membuat performanya dan keawetannya tetap terjaga. Bagaimana cara perawatannya? Yuk simak tips berikut ini.

Dijelaskan Sales Executive PT Berkat Sahabat Sejati, Fran Senetra, distributor sebuah merek ban mobil, untuk perawatan ban dua hal penting yang harus dilakukan yaitu mengecek tekanan angin dan melakukan rotasi ban.

"Untuk perawatan ban, yang penting cek tekanan angin dan rotasi ban harus teratur," ujar Fran.

Simak lebih lanjutnya yuk:

1. Periksa Tekanan Angin Secara Rutin

Tekanan angin merupakan salah satu hal penting dalam perawatan ban. Tekanan angin yang kurang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian sidewall, menurunnya kapasitas angkut beban, dan boros bahan bakar.

Tips untuk Anda  yang akan memeriksa tekanan angin, lakukan pada saat ban dalam keadaan dingin. Mengapa? Karena dalam keadaan panas tekanan angin dalam ban akan meningkat.

Jika mobil yang Anda baru saja gunakan, biarkan suhu ban turun sebelum diperiksa tekanan anginnya.

2. Lakukan Rotasi Ban

Hal kedua yang perlu Anda lakukan dalam perawatan ban yaitu rotasi ban. Rotasi berfungsi untuk mencegah keausan yang tidak merata pada setiap ban.

Untuk melakukan rotasi, dianjurkan bila jarak tempuh mobil sudah mencapai 3.000 hingga 4.000 km.

"Jika sudah 3.000 atau paling maksimal 4.000 km harus dirotasi supaya habis masa pakai lebih bagus. Jadi tidak boleh horizontal terus," saran Frans.

Untuk melakukan rotasi ban terdapat dua sistem yaitu pada empat roda dan lima roda (termasuk ban cadangan).

Pada sistem rotasi 4 roda, dapat dilakukan dengan cara diagonal atau segaris. Cara diagonal, rotasi dilakukan dengan menukar ban depan kiri dengan belakang kanan. Selanjutnya, ban depan kanan dirotasi dengan belakang kiri.

Untuk sistem rotasi segaris, ban kanan depan ditukar dengan ban kiri depan. Serta ban kanan belakang ditukar dengan ban kiri belakang.

Khusus untuk rotasi dengan 5 roda, ban cadangan atau serep dipasang di bagian kiri belakang, serta ban kiri belakang pindah ke depan kiri.