MOTOR BARU : Motor Anti Maling Yamaha GT Eagle Eye

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - dok)
28 Mei 2015 08:20 WIB Abdul Hamied Razak Otomotif Share :

Motor baru dari Yamaha dilengkapi sistem anti-maling.

Harianjogja.com JOGJA-Maraknya kasus pencurian sepeda motor menginspirasi Yamaha untuk berinovasi. Produk sepeda motor Yamaha kini hadir dengan fitur keamanan terbaru, Yamaha Autosafe.

Yamaha Autosafe adalah fitur keamanan anti maling yang diaplikasikan pada GT Eagle Eye Special Edition. “Ini merupakan terobosan perdana yang diaplikasikan pada motor matik di Indonesia,” kata Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Mohammad Masykur melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Selasa (26/5/2015).

Menurutnya, perangkat Autosafe ini bekerja dengan tiga fitur yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Meliputi, Auto Immobilizer, Auto Alarm dan Auto Finder. Ketiganya, lanjut Masykur, menyempurnakan kinerja Yamaha Autosafe sehingga keamanan motor semakin lengkap.

“Aplikasi Auto Immobilizer, membuat kunci asli sekalipun tidak bisa digunakan untuk menyalakan mesin motor sebelum menekan tombol unlock pada perangkat Autosafe,” jelasnya.

Keberadaan aplikasi Auto Alarm, lanjut Masykur, menyebabkan alarm akan berbunyi secara otomatis jika kunci motor dibuka secara paksa. Pengguna, tidak perlu susah menemukan motor miliknya di parkiran karena Autosafe dilengkapi dengan Auto Finder. Aplikasi ini mampu bekerja dengan jarak sampai dengan 35 meter.

“Remote Control Autosafe memiliki tombol Lock (Aktif) dan UnLock (Non Aktif). Tombol Lock berfungsi untuk mengunci dan mengaktifkan sistem sedangkan tombol UnLock untuk membuka kunci,’ ujar
Masykur.

Setelah menekan tombol Lock, maka lampu sein berkedip sebanyak satu kali dan sirene berbunyi sekali sebagai tanda Immobilizer aktif. Sebaliknya, untuk menonaktifkan sistem Immobilizer, pengguna cukup menekan tombol UnLock dengan tanda lampu sein berkedip dua kali dan sirene berbunyi dua kali.

”Fitur Autosafe ini dapat meningkatkan keamanan motor sekaligus pengendaranya. Pertama kali diterapkan pada motor matik di Indonesia. Awalnya, kami gunakan pada edisi spesial GT Eagle Eye.
Konsumen dapat memanfaatkannya dengan baik karena fungsinya sangat berguna bagi mereka,”
tutup dia.