Ertiga Masih Jadi Andalan Suzuki Tahun Ini

Dua orang sales promotion girl (SPG) sedang berpose di depan Suzuki Ertiga, Rabu (21/1/2015). Suzuki masih mengandalkan penjualan Ertiga tahun ini dengan target 17% penguasaan market share penjualan mobil di DIY. (JIBI/Harian Jogja - Abdul Hamied Razak)
22 Januari 2015 20:20 WIB Abdul Hamied Razak Otomotif Share :

Ertiga pada tahun ini masih menjadi andalan penjualan Suzuki.

Harianjogja.com, JOGJA- Suzuki masih mengandalkan penjualan Ertiga tahun ini. Penjualan seri low Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut akan terus digenjot. Pasalnya, Suzuki DIY menargetkan penjualan 17% market share penjualan mobil di DIY.

Supervisor Promosi Sumber Baru Mobil sebagai authorized dealer Suzuki wilayah DIY, Kedu dan Banyumas, Tedy Gunawan mengatakan, Ertiga menjadi tulang punggung penjualan dalam seri passenger car Suzuki. Sejak di-launching pada 2012 lalu, angka penjualannya terus merangkak setiap tahun. Bahkan, katanya, mobil tersebut mampu menggeser posisi kompetitor utama di market tersebut.

"Penjualan Ertiga terus naik. Kami bisa menggeser posisi Xenia dan Avanza," kata Tedy, Rabu (21/1/2015).

Ada lima varian Ertiga yang ditawarkan untuk pasar di DIY, baik dalam transmisi automatic maupun manual. Kelima varian itu adalah Ertiga GL, Ertiga GX, Ertiga GA Power Window, Ertiga GX New Elegant, serta yang terbaru Ertiga GL Sporty. Harganya juga cukup terjangkau. Untuk Ertiga GA mulai Rp171,6 juta dan Ertiga GX New
Elegant Rp229,4 juta.

Tedy menambahkan, pasar mobil di DIY masih cukup prospek. Menurutnya, angka pejualan berbagai lini passenger car Suzuki di DIY sekitar 250-an unit perbulan. Dari jumlah tersebut, 100 unit disumbang oleh penjualan Ertiga. Sisanya disumbang dari penjualan Karimun, APV, Swift, Splash dan lainnya. Untuk tahun ini, pihaknya berharap mampu meraih 17% market share penjualan mobil di DIY.

"Untuk produk mobil keluarga, kami masih berfokus pada Ertiga dan Karimun," ujarnya.

Sementara itu, Deputy Managing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy J. Tuilan menyebutkan, secara nasional penjualan Ertiga berada diposisi kedua. Sepanjang 2014, Ertiga meraih total penjualan sebanyak 48.016 unit.

"Kontribusinya sebesar 30 persen dari total penjualan Suzuki yang mencapai 160.490 unit secara retail sales. Total penjualan retail Suzuki selama 2014 naik sebesar 0,3 persen dibandingkan 2013 (159.787 unit)," kata Davy.