HONDA CITY CNG: Pertama Dari Pabrikan, Sedan Berbahan Bakar Gas

03 Juni 2013 21:41 WIB Otomotif Share :

http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/03/honda-city-cng-pertama-dari-pabrikan-sedan-berbahan-bakar-gas-412569/honda-20" rel="attachment wp-att-412570">http://images.harianjogja.com/2013/06/Honda1-150x150.jpg" alt="" width="150" height="150" />

JAKARTA—Toyota All New Vios tidak lama lagi bakal menghadapi saingan berat. Pesaing terdekatnya, Honda City sudah bersiap meluncur dengan sejumlah model baru di pasar domestik dalam waktu dekat.

Tidak tanggung-tanggung, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen tunggal pemegang merek mobil Honda sudah menyiapkan empat tipe City, yang didaftarkan ke Kementerian Perindustrian untuk uji tipe kendaraan.

Salah satu kejutan yang disiapkan HPM yakni City V berbahan bakar gas (compressed natural gas/CNG) transmisi otomatis (A/T). Mobil ini sudah didaftarkan tipenya di Kemenperin pada April, sebelum pendaftaran tiga tipe lainnya pada Mei yakni City GM2 1.5 S A/T, City GM2 1.5 E A/T NCAP, dan City FB3 2.0 A/T.

Seperti di Thailand, City CNG masih mengusung teknologi i-Vtec yang selama ini diterapkan pada kendaraan berbahan bakar konvensional. ECu alias komputer pada mobil itu akan mendeteksi sekaligus menghitung jumlah gas yang akan dipasok ke mesin.

Ini kali pertama produsen mobil menawarkan teknologi ECu langsung dari pabrik. Selama ini, umumnya mobil menggunakan alat untuk mendeteksi dan menghitung jumlah gas yang dipasok ke mesin, ataupun menambahkan coverter kit di mobil berbahan bakar minyak ke gas (CNG).