Boeing Rancang Mobil Perang Pengganti Humvee

02 Juni 2013 14:49 WIB Redaksi Solopos Otomotif Share :

[caption id="attachment_412219" align="alignleft" width="150"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/02/boeing-rancang-mobil-perang-pengganti-humvee-412218/0908komodo-2" rel="attachment wp-att-412219">http://images.harianjogja.com/2013/06/0908komodo-150x150.jpg" alt="" width="150" height="150" /> Ilustrasi.dok[/caption]

JAKARTA-Karir mobil perang Humvee di militer Amerika Serikat sudah berakhir. Namun bukan berarti militer Amerika sudah tidak memerlukan kendaraan segala medan seperti Humvee. Sebab, perusahaan pesawat seperti Boeing saja ikut-ikutan merancang mobil perang untuk militer Amerika.

Mobil perang rancangan Boeing itu diberi nama Phantom Badger yang diperlihatkan pertengahan bulan di Special Operations International Conference di Tampla, Florida. Ini adalah mobil perang yang mampu bergulat di segala medan tapi tidak memiliki badan sebesar Hummer.

Alasan Boeing untuk merancang mobil perang ini sendiri adalah karena pesawat kargo V-22 tidak mampu mengangkut sebuah Humvee. Untuk itu, diperlukan mobil perang yang lebih kompak untuk dapat ditampung di lambung V-22. Disitu, Phantom Badger lahir.

Meski bertubuh kompak, kemampuan mobil dengan penggerak all-wheel drive ini juga cukup cekatan. Mobil ini mampu memanjat tebing meski memiliki kemiringan 60 derajat.

Selain itu, sungai atau banjir setinggi dua kaki pun masih bisa dilewatinya dengan mudah. Dan untuk menambah kenyamanan para prajurit, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi hidrolik untuk mengurangi guncangan dan membuat penumpangnya kelelahan.

Boeing saat ini diketahui terus mengembangkan dan mengetes Phantom Badger di Nevada Automotive Test Center untuk mengantisipasi kalau-kalau di masa depan mereka mendapat kontrak dari militer.