Akhir Januari, Toyota Bakal Beri Kejutan, Apa Itu?

Ilustrasi mobil Toyota Grand New Avanza - Solopos/M. Ferri Setiawan
09 Januari 2019 13:30 WIB Rheisnayu Cyntara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kabar tentang model terbaru Toyota Avanza sudah santer terdengar sejak akhir tahun lalu. Namun hingga awal 2019, PT Toyota Astra Motor belum mengeluarkan pernyataan resmi akan peluncuran produk baru ini. Namun diprediksi Avanza terbaru akan go public pada akhir Januari mendatang.

Foto-foto Toyota Avanza 2019 terbaru belum lama ini bocor di dunia maya. Salah satunya diposting oleh akun Instagram @auto2000sudirmanmenaraastra yang mengunggah beberapa foto Toyota Avanza. Dalam foto tersebut terlihat bagian eksterior Avanza baru mendapatkan perubahan pada bagian lampu depan dan lampu belakang. Lampu depan desainnya terlihat lebih mirip Toyota Voxy dan Toyota Vellfire yang menggunakan desain lampu bertingkat.

Pada desain bumper di sisi foglamp Avanza dibuat mengkotak lebih mirip low beam dan high beam yang diletakkan di bumper bawah Mitsubishi Xpander. Gril Avanza baru juga tampak mengalami revisi. Di bagian belakang ada perubahan yaitu pada bagian reflektor yang kini melebar ke tengah. Dalam unggahan itu juga disebutkan beberapa tipe mobil, di antaranya ada tipe E, G, 1,5 G, 1.3 Veloz, dan 1.5 Veloz.

Saat dikonfirmasi oleh Harian Jogja, Public Relations Coordinator Nasmoco Group, Zacky Kurniawan membenarkan adanya model baru Toyota Avanza yang akan diluncurkan pada 2019 ini. Namun ia mengaku sama sekali belum mendapatkan informasi resmi dari PT Toyota Astra Motor. Baik terkait dengan perubahan apa saja yang diusung oleh Avanza terbaru atau kapan mobil ini akan diperkenalkan kepada publik.

"Perubahannya apa? Bukan benar-benar baru tapi seperti yang sudah tersebar di medsos kira-kira ada perubahan pada eksterior. Untuk interior kami juga belum dapat info. Nasmoco juga belum tahu menahu kapan akan di-launching, tetapi prediksinya sebelum Februari, sekitar akhir Januari nanti," ujarnya pada Selasa.

Namun dia memastikan setelah resmi diluncurkan, produk ini akan diperkenalkan pada pasar Jogja melalui pameran otomotif. Pasalnya Jogja merupakan salah satu dari tiga kota pasar terbesar Nasmoco selain Solo dan Semarang. Ia memprediksi pada Februari, pameran Toyota Avanza terbaru ini akan diselenggarakan di tiga kota tersebut. Terkait harga yang diprediksi akan ada kenaikan, Zacky menyebut tiap ada produk baru Toyota pasti ada kenaikan harga dibandingkan produk sebelumnya. Sebab selalu ada penambahan ataupun perbaikan dari model sebelumnya sehingga kenaikan harga ini menurutnya merupakan sesuatu yang wajar. "Soal ekspor, tentu Avanza ini juga akan diekspor karena salah satu pasar mobil kita kan juga ada di luar negeri tetapi ke negara mana dan berapa jumlahnya kami kurang tahu karena semua sata ada di Toyota pusat," tuturnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, selama ini Avanza telah dikirimkan ke beberapa negara seperti di kawasan ASEAN, Asia, Timur Tengah hingga Amerika Selatan. Ekspor utuh (completely built-up/CBU) Avanza selama 11 bulan pertama 2018 sebanyak 32.536 unit, turun 22,56% ketimbang periode yang sama 2017 sebanyak 42.017 unit. Sedangkan secara keseluruhan, selama 11 bulan pertama, ekspor CBU Toyota mengalami penurunan sebesar 23,6% year on year. Selama 11 bulan pertama, pengapalan CBU Toyota terdata sebanyak 83.000 unit sementara periode yang sama pada 2017 sebanyak 108.629 unit.