Skutik Premium Masih Jadi Andalan 2019

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengendarai Yamaha Nmax belum lama ini. - Ist./Yamaha
09 Januari 2019 10:30 WIB Rheisnayu Cyntara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Skuter matik (skutik) kelas premium, khususnya Lexi dan Nmax masih jadi andalan Yamaha untuk 2019 ini. Berdasarkan data analisa pasar, sepanjang 2018 lalu motor skutik terus merajai penjualan motor di level domestik.

Manager Area Yamaha SBM DIY, Jati Panunggal mengatakan pada 2019, pihaknya masih akan terus mendorong penjualan produk Yamaha Lexi. Pasalnya produk inilah yang menurutnya paling diminati sepanjang 2018 lalu. Angka penjualannya cukup memuaskan, tetapi capaian tersebut masih belum sesuai target yang ditetapkan. Selain terus mendorong penjualan Yamaha Lexi, Jati menyebut juga akan terus fokus pada Yamaha Nmax yang juga masih sangat diminati oleh konsumen. Terutama Yamaha Nmax warna hitam pekat. Bahkan Jati menuturkan untuk membeli tipe tersebut, konsumen masih harus indent untuk menunggu kiriman barang dari pusat.

"Dua produk itulah yang akan menjadi andalan kami di 2019. Kami juga akan mendorong penjualan produk baru Yamaha Freego. Pasalnya mwski baru diluncurkan beberapa bulan sudah ada peminatnya. Bahkan sudah ada sekitar 90 unit yang terjual," katanya pada Harian Jogja, Selasa (8/1).

Menurutnya, Nmax menyumbang cukup besar dalam peta penjualan sepeda motor Yamaha di Jogja, yakni sekitar 35%-40% dari total keseluruhan. Jika dirata-rata dalam sebulan, SBM Yamaha Jogja bisa menjual Nmax hingga 500 unit, sedangkan Lexi bisa mencapai 300 unit per bulan. Hal itu menurut Jati dikarenakan konsumen makin melirik skutik premium. Dengan kemudahan yang ditawarkan Yamaha untuk memiliki automatik premium, kini ada kecenderungan bergesernya 20% konsumen low press model ke automatik premium. Baik kemudahan dalam pembelian maupun cicilan.

Sementara itu berdasarkan data yang dibagikan oleh pihak AISI (Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia) sampai November 2018, penjualan motor skutik berkontribusi terhadap 84,5% penjualan motor nasional. Torehan tersebut terus meningkat sejak 2009 lalu, kala itu skutik hanya meraih 38,7% dari total penjualan motor nasional. Untuk 2019, AISI memprediksi motor jenis skutik kapasitas mesin 125 cc seperti Yamaha Lexi akan tetap menjadi primadona.

Motor skutik bermesin 125 cc paling banyak diminati orang Indonesia karena dianggap cocok digunakan untuk membawa barang dan selap-selip di kemacetan. Sementara dari sisi power, motor skutik 125 cc juga sangat mumpuni dipakai untuk aktivitas harian, bahkan touring sekalipun.Selain motor skutik bermesin 125 cc, yang juga diprediksi bakal menjadi tren adalah skutik bongsor bermesin 150 cc seperti PCX dan Nmax.