Advertisement

Toyota Butuh Waktu Hadirkan Camry Baru

Thomas Mola
Rabu, 19 Desember 2018 - 09:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Toyota Butuh Waktu Hadirkan Camry Baru Mobil Toyota Camry Hybrid dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, Tangerang, Banten, Senin (14/8). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--PT Toyota Astra Motor menegaskan masih mempelajari secara cermat permintaan pasar sebelum menghadirkan produk baru ke pasaran. Salah satu produk yang digadang-gadang akan dirilis ialah sedan Camry yang sejauh ini telah diperkenalkan di beberapa negara Asean.

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan, dalam memperkenalkan produk baru Toyota selalu mempelajari secara saksama dari sisi produk dan permintaan pasar.

Advertisement

"Pada intinya kami selalu mempelajari dengan mendalam agar produk-produk baru bisa diperkenalkan sesuai dengan kebutuhan pasar domestik Indonesia termasuk Camry," ujarnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Selasa (18/12/2018).

Henry menurutkan, New Camry telah diperkenalkan di beberapa negara Asean sehingga menjadi produk yang juga ditunggu di Tanah Air. TAM ingin memperdalam kajian terkait selera masyarakat dan kesesuaian produk yang ditawarkan.

"Apalagi beberapa negara kawasan Asean memang sudah perkenalkan lebih dulu. Nanti kami akan kabari kalau sudah ada informasi yang lebih pasti," tambahnya.

Sebelumnya, hasil kajian internal TAM menyebutkan konsumen di Tanah Air lebih meminati model sedan dengan tampilan yang lebih sportif. Konsumen telah beralih dari yang lebih elegan ke lebih sportif.

Executive General Manager Marketing Division TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, pergeseran tren tersebut terjadi karena sejumlah faktor, antara lain mulai timbulnya rasa bosan pelanggan terhadap mobil sedan dengan tampilan elegan.

Selain itu, adanya peralihan peminat mobil sedan-dari kalangan tua menuju generasi muda- juga menjadi salah satu faktor pendukung. Generasi muda saat ini cenderung menyukai mobil sedan bergaya sportif, layaknya mobil-mobil sedan di Amerika serikat.

"Surveinya itu intinya, customer mobil-mobil kelas sedan itu look-nya [ingin] lebih sportif, bukan ke arah elegan lagi," ujarnya.

Saat ini Toyota Indonesia memiliki tiga model sedan yang dijual, yakni New Camry, New Corolla Altis, dan New Vios. Pasar sedan di Tanah Air selama beberapa tahun terakhir mengalami perlambatan karena pajak sedan yang masih tinggi.

Soerjo menuturkan, pergeseran tren konsumen pada mobil sedan tidak serta-merta membuat Toyota langsung bertindak responsif dengan menghadirkan sedan model sportif. Toyota Indonesia masih terus melakukan pengembangan terhadap semua model mobil, termasuk sedan.

Bila peminat sedan model sporty terus tumbuh di Indonesia, tidak menutup kemungkinan pada tahun depan Toyota akan mengakomodir permintaan pasar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jepang dan Korea Selatan Dipastikan Lolos Perempat Final Piala Asia U-23

Sepakbola
| Sabtu, 20 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement