Di Amerika Serikat, Perempuan Pesepeda Motor Makin Marak

Perempuan mengendarai sepeda motor tipe skuter. - Antara/Flicks
09 Desember 2018 18:00 WIB Fatkhul Maskur Otomotif Share :

Harianjogja.com, WASHINGTON - Sebuah survei nasional terbaru yang digelar Dewan Industri Sepeda Motor (Motorcycle Industry Council/MIC) Amerika Serikat (AS), mengungkap adanya peningkatan penggunaan kendaraan roda dua oleh kaum perempuan.

Dikutip dari USA Today, Minggu (9/12/2018), studi yang diumumkan awal Desember ini mengungkap bahwa dari semua kelompok umur, sebanyak 19% perempuan merupakan pemilik sepeda motor.

Angka tersebut melonjak drastis dibandingkan satu dekade lalu saat kurang dari 10 persen perempuan yang memiliki sepeda motor.

Survei itu menemukan bahwa kepemilikan sepeda motor pada kaum perempuan didominasi para generasi muda. Di kalangan milenial, 26% pemilik sepeda motor adalah perempuan. Sedangkan sebesar 22% wanita pengguna sepeda motor lainnya datang dari generasi X, atau yang berusia 40 tahunan.

"Karena jumlah Generasi Baby Boomer [lahir 1946-1964] dan pengendara sepeda motor dewasa telah menyusut dan digantikan pengendara yang baru. Kami bisa segera melihat 25% pemilik sepeda motor adalah perempuan," kata Direktur komunikasi MIC, Andria Yu, dilansir USA Today.

"Kami telah melihatnya dengan mata kepala sendiri," katanya.

MIC mengumpulkan lebih dari 2.400 orang dewasa di AS untuk survei ini.

Kendati persentase perempuan pengendara motor meningkat, penjualan sepeda motor di AS secara keseluruhan justru stagnan setelah mencapai puncaknya pada 2006.

Sumber : Bisnis Indonesia