Yamaha FreeGo untuk Konsumen Berjiwa Muda

Yamaha FreeGo menampilkan desain yang elegan dan dinamis untuk konsumen berjiwa muda. Salah satu varian Yamaha FreeGo yang diperkenalkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Refresh Cafe and Garden, Minggu (25/11). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S
26 November 2018 08:30 WIB Holy Kartika Nurwigati Otomotif Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejak diluncurkan akhir Oktober lalu, Yamaha FreeGo akhirnya diperkenalkan di daerah. Motor yang mengusung jargon The Amazing Matic ini mengunggulkan kepraktisan untuk konsumen sepeda motor matik Yamaha yang berjiwa muda.

Koordinator Promosi Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) DIY Jawa Tengah Rey Wowor mengatakan Yamaha secara konsisten dalam mengembangkan sepeda motor matik. Sepeda motor matik terus berkembang pesat dan tren kendaraan ini semakin berkembang luas.

"Kali ini, kami mencoba inovasi baru untuk dapat memberikan kendaraan sesuai kebutuhan masyarakat," ujar Rey saat peluncuran Yamaha FreeGo di Refresh Cafe and Garden, Minggu (25/11).

Rey memaparkan hadirnya Yamaha FreeGo memberikan pengalaman baru berkendara bagi konsumen setia sepeda motor ini. Desain yang elegan memberikan tampilan yang tak kalah menarik dengan jajaran sepeda motor matik lainnya.

Kendati demikian, beberapa fitur menarik dari sepeda motor matic ini menjadikan Yamaha FreeGo sebagai kendaraan yang berbeda dari segmen matik yang sudah ada saat ini. "Salah satunya kepraktisan pengisian bahan bakar yang mana pengendara tidak perlu turun dari sepeda motor dan membuka tangki bensin yang ada di bawah jok. Karena tangki bensin ada di bagian depan," jelas Rey.

Fitur bagasi yang besar juga menjadi salah satu unggulan dari sepeda motor yang dinobatkan sebagai The Next Matic Commuter Premium. Fitur canggih juga disematkan pada dua tipe teratas, yakni stop and start system (SSS) dan antilock brake system pada seri S-ABS.

Untuk tipe standar, Yamaha FreeGo dilego dengan harga kisaran Rp18,7 juta dan hadir dengan beberapa varian warna. Sedangkan untuk Yamaha FreeGo S dan S-ABS hadir dengan dua pilihan warna matte red dan matte grey.

"Segmen yang kami bidik untuk produk ini adalah kalangan yang berjiwa muda, fun riding, dan yang menyukai hal yang praktis. Jika dikategorikan, Yamaha FreeGo ini masuk dalam kelas premium new," imbuh Rey.

Pangsa pasar sepeda motor skutik secara umum sangat besar mencapai 80% dari total pasar semua merek. Area Marketing YIMM DIY Andre Sunarso mengatakan sebulan penjualan produk sepeda motor mencapai 8.000 unit dan pasar matik di dalamnya mencakup sekitar 80%.

Sedangkan dari kisaran tersebut segmen premium mengambil pangsa 30%-40%. Andre mengungkapkan hadirnya Yamaha FreeGo sedikitnya bisa mengambil pangsa 25% dari pangsa pasar matik premium yang ada saat ini.

"Kurang lebih target penjualan untuk produk ini 300 unit per bulan. Karena baru diluncurkan, jadi kebanyakan juga masih inden, namun sudah ada puluhan unit yang telah didistribusikan kepada konsumen," ungkap Andre.