New Mitsubishi Triton Muncul Perdana di Thailand

CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko berdiri di depan New Mitsubishi Triton/L200 yang diluncurkan pertama kali di dunia di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11). - Bisnis/Yusran Yunus
09 November 2018 14:00 WIB Yusran Yunus Otomotif Share :

Harianjogja.com, BANGKOK -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) meluncurkan untuk pertama kali di dunia (world premiere) produk terbarunya, truk pikap New Mitsubishi Triton/L200, di Bangkok, Thailand, Jumat (9/11/2018).

Peluncuran generasi terbaru dari Triton ini menandai ulang tahun ke-40 Triton pada 2018, yang diproduksi di pabrik Laem Chabang milik Mitsubishi Motor Thailand Co.Ltd (MMTh), pabrikan dan distributor MMC.

Dalam rencana global MMC, setelah peluncuran perdana global di Thailand, peluncuran serupa akan dilakukan di pasar negara Asia Tenggara lainnya, Timur Tengah, Eropa, Afrika dan Amerika Latin. Secara keseluruhan, New Triton akan dipasarkan di 150 negara di seluruh dunia.

Peluncuran Mitsubishi New Triton./Bisnis-Yusran Yunus

CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko mengatakan New Triton merupakan salah satu produk unggulan Mitsubishi di pasar global dan terbukti sukses mendorong pertumbuhan perusahaan.

Adapun model terbaru ini menyajikan keunggulan dalam aspek durability (ketahanan), reliability (keandalan), dan comfort developed (kenyamanan) selama 40 tahun lamanya sejak pertama kali kemunculannya di dunia.

"Saya yakin New Triton akan memuaskan dan memenuhi harapan konsumen di seluruh dunia," paparnya dalam acara peluncuran global New Triton di Central World, Bangkok, hari ini.

Senior Vice President Global Sales & Marketing MMC Gulilaume Cartier menjelaskan untuk model Triton, pasar Indonesia merupakan pasar yang sangat strategis dan menempati peringkat ke-3 penjualan tertinggi secara global, setelah Thailand dan Australia.

Tampilan Mitsubishi New Triton./Bisnis-Yusran Yunus

"Pasar Indonesia sangat strategis untuk Triton. Maraknya pembangunan infrastruktur menjadi salah satu pendorong meningkatnya pertumbuhan permintaan Triton di Indonesia," terangnya.

Mitsubishi Triton sudah memasuki pasar Indonesia sejak 2002 dengan brand Mitsubishi L200, kemudian berubah menjadi L200 Strada dan menjadi Mitsubishi Strada Triton pada 2009.

Seluruh model Triton yang dipasarkan di Indonesia diimpor dari pabrik Mitsubishi Motors Thailand. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), agen pemegang merek kendaraan Mitsubishi di Indonesia, optimistis bisa memperluas pangsa pasarnya di segmen pikap kabin tunggal berpenggerak dua roda (4x2) dan pikap kabin ganda berpenggerak empat roda (4x4).

Di segmen tersebut, melalui produknya Mitsubishi Triton, menjadi pemimpin pasar selama hampir 10 tahun terakhir dengan pangsa pasar di atas 50%. Dalam tiga tahun terakhir misalnya, pangsa pasarnya tercatat memncapai 52,6% pada 2016, 59,3% pada 2017, dan periode Januari-September 2018 di kisaran 64,2%.

Tampilan Mitsubishi New Triton./Bisnis-Yusran Yunus

Model dari merek lain yang menghuni segmen ini yaitu Toyota Hilux, Nissan Navara dan Isuzu DMax.

Berdasarkan data MMKSI, saat ini penjualan Triton dalam sebulannya konsisten di kisaran 850-1.000 unit.

Head of Sales & Marketing Group MMKSI Imam Choeru Cahya menyatakan model Triton Double Cab HDX masih menjadi penyumbang terbesar dengan kontribusi penjualan sebesar 46%, disusul oleh Triton Double Cab DLX 31%, Triton Single Cab HDX 19%, serta Triton Double Cab Exceed dan Athlete 4%.

Sumber : Bisnis Indonesia