Toyota Avanza Punya Penantang Baru

Headlamp mobil. (Istimewa)
18 Oktober 2018 09:00 WIB Newswire Otomotif Share :

Harianjogja.com, TOKYO—Kedatangan Mitsubishi Xpander di pasar low MPV diketahui telah menggeser dominasi Toyota Avanza setelah berjaya selama bertahun-tahun. Namun, kini sepertinya Avanza kembali mendapat penantang baru, yaitu Nissan.

Serangan akan datang dari kembaran Xpander yang akan diluncurkan Nissan. Kondisi ini akan membuat Avanza dipepet dua produk sejenis beda merek. Nissan diketahui akan meluncurkan model MPV terbaru yang saat ini belum diketahui apakah menjadi penerus Livina atau menggunakan nama baru.

Namun sebagaimana ditegaskan CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko, saat berada di Jakarta beberapa waktu lalu, bahwa Nissan akan menggunakan platform Xpander untuk produk MPV terbarunya.

Dengan persaingan ini, Toyota sendiri juga dikabarkan tengah melakukan pengembangan terhadap generasi terbaru. Beberapa gambar render bahkan muncul di media sosial dan Toyota sendiri tak menampik rencana tersebut.

Kehadiran Mitsubishi Xpander sendiri saat ini, sudah cukup mengganggu penjualan Avanza yang dikenal sebagai mobil sejuta umat.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama penjualan Agustus kemarin Avanza sendiri mencapai 6.210 unit sedangkan Xpander mencapai 6.923 unit.

Dari data penjualan tersebut, Xpander telah mampu menyingkirkan dominasi Avanza di pasar automotif nasional.

Sumber : Solopos