Tesla Beli Tanah Seluas 864.885 Meter Persegi di Tiongkok untuk Bangun Pabrik Baru

Seorang pria melihat Tesla Model S di showroom di Beijing, Tiongkok 29 Januari 2014. - Reuters
17 Oktober 2018 19:30 WIB Annisa Margrit Otomotif Share :

Harianjogja.com, JAKARTA–Tesla Inc sepakat bekerja sama dengan Pemerintah Shanghai untuk membangun pabrik baru di Tiongkok. Rencana lahan yang akan dibeli seluas 860.000 meter persegi.

Reuters melansir Rabu (17/10/2018), hal itu disampaikan Tesla melalui unggahan di akun media sosialnya di Tiongkok. Produsen mobil listrik ini tidak menyebutkan harga beli lahan tersebut. Namun, Shanghai Bureau of Planning and Land Resources alias Biro Perencanaan dan Lahan Shanghai mengumumkan bahwa lahan seluas 864.885 meter persegi telah terjual dalam sebuah lelang dengan nilai 973 juta yuan, atau sekitar Rp2,12 triliun.

Pembelian lahan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antara Tesla dengan Pemerintah China pada Juli 2018. Ketika itu, CEO Tesla Elon Musk menyatakan pihaknya akan membangun pabrik baru di Tiongkok.

Pabrik super besar itu disebut-sebut bakal mengerek kapasitas produksi Tesla hingga dua kali lipat. Perusahaan asal AS ini berencana memproduksi mobil pertamanya sekitar dua tahun setelah konstruksi pabrik dimulai.

Dalam 2-3 tahun berikutnya, kapasitas produksi ditargetkan mencapai 500.000 unit per tahun. Namun, masih belum disampaikan kapan pembangunan pabrik ini akan dimulai. Tesla mengungkapkan konstruksinya bakal dimulai segera setelah mereka mendapatkan semua izin yang dibutuhkan.