Keren, Motor Ini Dapat Mengenali Pemiliknya & Bergerak Maju Sendiri

Yamaha MOTOROiD. - Yamaha
07 Oktober 2018 17:30 WIB Fatkhul Maskur Otomotif Share :

Harianjogja.com, IWATA—Pada gelaran Tokyo Motor Show ke-45 tahun lalu, Yamaha MOTOROiD menarik banyak perhatian. Tahun ini, Yamaha MOTOROiD meraih penghargaan Luminary, kehormatan tertinggi di Red Dot Award: Konsep Desain 2018.

Penghargaan Luminary adalah penghargaan yang dipilih dari 5.640 pendatang dari 55 negara. MOTOROiD terpilih sebagai salah satu Best of the Best (penempatan di 40 besar pendatang), untuk kemudian dinominasikan lebih lanjut untuk penghargaan Luminary dari tiga finalis teratas. Hadiah diumumkan dan diberikan pada pada 28 September di upacara penghargaan di Singapura.

Model konsep MOTOROiD bertujuan menunjukkan mobilitas pribadi di mana pengendara beresonansi secara harmonis dengan mesin. Dilengkapi dengan kontrol keseimbangan presisi tinggi melalui kecerdasan buatan dan teknologi otonom, MOTOROiD dapat merasakan keadaannya sendiri dan menyesuaikan pusat gravitasinya untuk berdiri dari sandarannya dan tetap tegak tanpa bantuan.

Ia juga dapat mengenali pemiliknya dan bergerak maju untuk bertemu dengannya, serta bereaksi berdasarkan tindakan pengendaranya berkat antarmuka manusia-mesinnya (HMI). Ini, di antara beberapa fungsi lainnya, memungkinkan MOTOROiD untuk berperilaku seperti mitra sejati bagi pemiliknya. MOTOROiD mengilhami visi mobilitas masa depan yang mengambil kendaraan di luar "alat untuk gerakan" sederhana.

Namun, eksteriornya sengaja jauh dari mencolok. Rangka ini mempertahankan jejak yang jelas dari potongan yang dibuat untuk membuatnya, tubuh ditandai dengan goresan yang belum digosok di sana-sini, dan ban yang dipakai ke titik yang bahkan alur telapak hampir hilang. Para perancang dan insinyur ingin menunjukkan kepada publik apa bentrokan kreatif yang berulang-ulang mereka melahirkan dalam bentuk yang tidak berubah. MOTOROiD diciptakan dari awal untuk mewujudkan kemungkinan teknologi dan fungsi.

Red Dot Design Awards, yang diselenggarakan oleh Design Zentrum Nordrhein Westfalen, Jerman, secara luas diakui sebagai salah satu penghargaan desain paling bergengsi di dunia.

Produk dengan desain kualitas luar biasa dipilih setiap tahun dalam tiga kategori Desain Produk, Desain Komunikasi, dan Konsep Desain. Penghargaan International Design Excellence Awards (IDEA) dan iF Design Award yang menyertainya dianggap sebagai salah satu dari tiga kompetisi desain teratas dari seluruh dunia.

MOTOROiD juga mendapat penghargaan di International Design Excellence Awards (IDEA) dan kompetisi Gold Award.

Sumber : Bisnis Indonesia