MAN Truck & Bus Jadi Jawara Design Team of the Year

Mewakili Tim Desain MAN di Paris: Sven Gaedtke, Stephan Schnherr, Rudolf Kupitza dan Holger Koos (dari kiri ke kanan). - MAN TRUCK
05 Oktober 2018 22:30 WIB Fatkhul Maskur Otomotif Share :

Harianjogja.com, MUNICH—MAN dalam Kontes Merek Otomotif 2018 menerima penghargaan desain paling bergengsi di industri otomotif. Kemenangan ini membuktikan kendaraan berdesain yang elegan dan gaya tak selamanya memiliki desain yang lebih unggul daripada kendaraan komersil.

Tim desain yang dikepalai oleh Holger Koos yang mengembangkan berbagai macam kendaraan, misalnya truk MAN yang ringan dan berat atau pelatih MAN dan Neoplan dan bus kota, dan telah memenangkan gelar Design Team of the Year di Paris Motor Show yang terkenal.

Setiap tahun, Dewan Desain Jerman mengundang peserta untuk Kontes Merek Otomotif, kompetisi merek dan desain internasional yang paling penting untuk industri otomotif. Juri kompetisi menghargai desain produk dan komunikasi yang luar biasa dan menarik perhatian pada pentingnya merek dan desain merek dalam industri otomotif. Tim desain terbaik untuk menampilkan desain merek yang inovatif dan konsisten menjadi Team of the Year.

“Kami, tentu saja, sangat bangga memiliki kesempatan untuk mengambil penghargaan kami di sini di Paris,” kata Holger Koos, Kepala Desain di MAN Truck & Bus, dalam keterangan pers, Kamis (4/10/2018).

Dia mengatakan bahwa kendaraan yang dirancang dengan baik mendapatkan signifikansi, terutama di segmen kendaraan komersial, di mana perbedaan teknologi antara kendaraan menjadi semakin berkurang. "Ini berarti kami para perancang memiliki bagian penting untuk bermain dengan memastikan bahwa merek tersebut terlihat dalam cahaya yang positif. Desain kendaraan adalah representasi visual dari mereknya. Ini benar untuk truk dan bus, seperti untuk mobil penumpang.”

Namun demikian, ada beberapa perbedaan: misalnya persyaratan hukum yang sangat berbeda menetapkan bobot dan dimensi yang menghasilkan truk dan bus Eropa yang khas dengan ujung depan yang datar. Selain itu, keandalan, umur panjang, dan keramahan pengguna bahkan lebih penting untuk kendaraan komersial daripada untuk mobil penumpang. Jarak tempuh sekitar satu juta kilometer tidak jarang untuk kendaraan ini.

Ini berarti perhatian khusus diberikan pada desain interior. Kabin pengemudi truk, pertama dan terutama tempat kerja, juga menjadi ruang tamu dan kamar tidur bagi pengemudi truk jarak jauh. Agar mudah digunakan mungkin selalu berada di garis terdepan untuk meringankan pengemudi sebisa mungkin. Premis untuk bus dan pelatih tidak jauh berbeda. Pada saat yang sama, kendaraan MAN dan Neoplan dirancang dengan cara yang mewujudkan misi merek untuk memberikan putaran kreatif yang luar biasa terhadap inovasi teknologi.

Estetika memang, tentu saja, datang ke dalamnya juga, tetapi fungsionalitas tetap menjadi prioritas utama untuk desain kendaraan komersial. “Kami tidak berangkat untuk mendesain sesuatu yang indah; alih-alih kami mengambil pendekatan kreatif untuk menerapkan spesifikasi teknis yang dapat berisi aspek seperti entri yang nyaman, kompartemen penumpang yang menarik, atau tata letak yang ergonomis,” kata Koos.

“Memenuhi persyaratan undang-undang dan teknologi di satu sisi dan memenuhi kebutuhan pelanggan, pengemudi, dan penumpang kami di sisi lain sambil menciptakan desain merek yang inovatif dan konsisten, ini adalah pencapaian luar biasa dari tim desain kami,” kata Joachim Drees, Chief Pejabat Eksekutif MAN Truck & Bus AG.

Kontes Merek Otomotif 2018 dimulai dan diselenggarakan oleh Dewan Desain Jerman, salah satu pusat kompetensi terdepan di dunia untuk komunikasi dan transfer pengetahuan dalam desain. Anggota yayasannya saat ini terdiri lebih dari 290 perusahaan. Dewan Desain Jerman didirikan pada 1953 sebagai hasil dari inisiatif Bundestag Jerman untuk meningkatkan kompetensi desain dalam ekonomi Jerman. Pekerjaan yang dilakukannya beragam, bertujuan untuk mengkomunikasikan bagaimana penggunaan strategis desain dapat menambah nilai jangka panjang untuk merek.

Sumber : Bisnis Indonesia