DFSK Nyatakan Siap Bersaing

DFSK Glory 580 dipamerkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di Jakarta, belum lama ini. - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
19 September 2018 21:30 WIB Rheisnayu Cyntara Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dong Feng Sokon (DFSK) pabrikan otomotif teranyar dari Tiongkok yang masuk ke pasar Indonesia menyatakan siap bersaing. Baik dengan merk lainnya yang berasal dari Jepang dan Eropa maupun rekan senegaranya Wuling yang lebih dahulu masuk.

Managing Director Sales Center PT Sokonindo Automobile, Franz Wang menekankan meski sama-sama pabrikan Tiongkok, kategori produk DFSK berbeda dengan Wuling. DFSK lewat produknya Glory 580 masuk dalam kategori SUV, sedangkan Wuling tergolong kategori MPV. Sehingga tidak dapat disamaratakan pasarnya.

Franz menjelaskan DFSK memang fokus pada spesialisasi SUV, hal tersebut tercermin pada produk pertamanya. “Positioning kami ada pada SUV. Meskipun akan membuat produk dengan segmen berbeda-beda namun fokus kami tetap SUV,” katanya, Selasa (18/9).

Meski demikian, Franz menuturkan tetap akan mempertimbangkan kebutuhan pasar Indonesia. Misalnya saja kini DFSK sudah mulai presale Supercap untuk keperluan mobil komersil yang peminatnya tergolong tinggi. Bahkan ia berjanji akan membuat desain customized yang hanya akan dipasarkan di Indonesia. “Setahu saya SUV Wuling baru akan launching tahun depan, artinya segmen kami kini tak bisa disamakan,” ujarnya.

Selain fokus pada pengembangan produk sesuai kebutuhan pasar, Franz menyebut DFSK juga akan siapkan jaringan aftersales. Pihaknya menargetkan bulan depan, DFSK sudah bisa mempunyai 50 jaringan aftersales di seluruh wilayah Indonesia.

“Di wilayah DIY penjualan rata-rata kami mencapai 236 unit SUV per bulan, ini data semua brand. Untuk DFSK ini kami targetkan bisa menjual hingga 20 unit per bulan,” ucap Owner PT Mitrabuana Citra Abadi, Handono Widjaja.