Begini Jadinya saat Truk dari Berbagai Daerah Beradu dalam Kontes Modifikasi, Keren!

Sejumlah pengunjung melihat truk modifikasi yang mengikuti kontes dalam Jogja Truck Festival (JTF) 2018 di Jogja Expo Center (JEC), Bangutapan Bantul, Sabtu (9/9/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi
08 September 2018 17:17 WIB Irwan A Syambudi Otomotif Share :

Harianjogja.com BANTUL-Ratusan truk dari berbagai daerah di Indonesia hadir di Jogja Expo Center, Bantul, Jogjakarta mengikuti Jogja Truck Festival (JTF) 2018. Dalam festival yang resmi dibuka pada Sabtu (8/9/2018) pagi itu juga terdapat puluhan truk yang ikut kontes modifikasi.

Setelah diawali pawai truk modifikasi di Kota Jogja, JFT 2018 resmi dibuka dan bakal berlangsung hingga Minggu (9/9/2018). Menurut Ketua Panitia JTF 2018, Indro Kimpling Suseno, total ada 195 perserta yang mengikuti JTF 2018.

"Untuk unit truk yang terdaftar ada 140 unit. Ada peserta 30 truk modifikasi dan 25 miniatur truk. Jadi total ada 195 peserta dan sampai siang [Sabtu, 8/9] ini terus bertambah," katanya.

Berdasarkan data panitia JTF 2018, peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di antaranya adalah Padang, Kalimantan Barat, Lampung, Cirebon, Jambi, Jepara, Jember, Malang, Solo, Kudus, Lamongan, Semarang, Lombok, Mojokerto, Blitar, dan juga dari DIY.

Sejumlah peserta JTF 2018 dari berbagai daerah itu nantinya sebagian akan mengikuti kontes modifikasi. Dalam kontes tersebut melombakan modifikasi dengan kategori antara lain, the best truck exterior, the best truck interior, dan extreme modification.

Selain kontes truk ada pula kontes modifikasi pick up, demo truck air suspension, truck equipment outlet, dan merchandise outlet. Dan tidak juga ketinggalan, JTF 2018 kali ini dimeriahkan artis papan atas Ibu Kota yakni Iwan Fals. Penyanyi yang terkenal dengan lagu-lagunya yang bermuatan sosial itu menghibur para peserta dan pengunjung pada hari pertama JTF 2018.

"Kami berharap JTF 2018 dapat membuktikan bahwa truk juga bisa seperti mobil-mobil mewah lainnya untuk dapat dimodifikasi dan dijadikan sarana kreativitas," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Duljatmono mengaku sangat mengapresiasi diadakannya JTF untuk pertama kalinya. PT KTB yang merupakan distributor resmi kendaraan Mitsubishi sangat mendukung acara ini.

Menurtnya JTF 2018 menjadi ajang kreativitas dan tempat berkumpulnya komunitas di seluruh tanah air. Untuk itu salah satu dukungan PT KTB adalah berperan sebagai partner utama. Dan dukungan dari brand ambassador Mitsubishi Puso, Iwan Flas yang bakal tampil di JFT 2018.

"Iwan Fals menjadi idola dari kebanyakan pecinta truk, sebagaimana dia tertulis di badan-badan truk selama ini," katanya.

Lanjutnya lagi, selain mendukung JTF 2018, pihaknya juga melakukan gerakan sosial dengan #FusoKontribusi. Setiap tagar yang ada di media sosial akan dikonversi menjadi Rp10.000 yang kemudian dikumpulkan sebagai beasiswa untuk putra-putri sopir truk.

"Bagi kami sopir truk adalah pahlawan tanpa tanda jasa karena telah bekerja tanpa lelah mendistribusikan bahan kebutuhan hingga pelosok negeri. Oleh karena itu kami apresiasi setinggi-tingginya kepada para sopir truk," kata Duljatmono.