Advertisement

Perilaku Pejalan Kaki Terungkap Lewat Mobil Swakemudi Jaguar Land Rover

Fatkhul Maskur
Kamis, 30 Agustus 2018 - 09:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Perilaku Pejalan Kaki Terungkap Lewat Mobil Swakemudi Jaguar Land Rover Pabrikan mobil Inggris terbesar ini memperkenalkan uji coba live mobil swakemudi dengan mata yang mempelajari pejalan kaki. - Jaguarlandrover

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Divisi mobil masa depan Jaguar Land Rover (JLR) meneliti perilaku masyarakat di sekitar mobil swakemudi dengan memasang "mata" yang ditempatkan pada sebuah mobil swakemudi mungil. Mata tersebut bukanlah sebuah sensor, melainkan sebuah sistem yang mampu membaca secara visual apakah ada sesuatu di jalan, misalnya pejalan kaki, sebelum mobil itu melintas.

Penelitian itu untuk mengetahui apakah keberadaan fitur "mata" bisa membuat orang-orang percaya diri untuk melintas di depan kendaraan swakemudi, menyusul keraguan atas fungsi sensor pada kendaraan otonom yang berisiko kecelakaan.

Advertisement

Penelitian itu juga menganalisis perilaku masyarakat yang berdiri disamping jalan, sebelum dan sesudah para pejalan kaki bertemu dengan kendaraan itu, serta sejalan dengan program "Autodrive Project” dari pemerintah Inggris yang melibatkan beberapa industri utama.

Sebuah studi yang dikutip JLR menunjukkan hingga 63% pejalan kaki hingga para pesepeda merasa kurang aman dengan adanya kendaraan tanpa pengemudi di jalanan.

"Ini adalah sifat alamiah kedua saat melirik pengemudi kendaraan yang mendekat sebelum melangkah ke jalan. Memahami bagaimana hal ini diterjemahkan di dunia yang lebih otomatis adalah penting,” kata manajer penelitian mobilitas masa depan JLR Pete Bennett

JLR berharap proyek tersebut dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap kendaraan swakemudi, karena ketidakyakinan terhadap keamanan kendaraan dipandang sebagai salah satu hambatan utama dalam teknologi tersebut, demikian dilansir berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 2 weeks ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hasil Milan vs Inter Skor 1-2: Nerazzurri Juara Liga Italia 2023/2024, Pertandingan Panas Diwarnai 3 Kartu Merah

Sepakbola
| Selasa, 23 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement