Siap Dijual, Inilah Spesifikasi SUV Terbaru Nissan Terra

Nissan Terra - Ist
07 Agustus 2018 14:17 WIB Kusnul Isti Qomah Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Mobil SUV tengah menjadi primadona di Indonesia. Saat ini, pasar terkuat kelas SUV didominasi oleh Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang tak hanya laris manis di pasaran, tetapi memperoleh frekuensi pencarian tertinggi di situs Priceza.

Melalui event GIIAS 2018, Nissan menyiapkan amunisi terbaru untuk bermain di kelas SUV. Mobil ini adalah Nissan Terra yang didukung oleh platform serupa dengan Nissan Navara dan memiliki mesin paling kencang ketimbang semua kompetitornya.

Lantas, seperti apa rupa dan kemampuan yang ditawarkan Nissan Terra? Untuk memandu kamu, kali ini Priceza akan mengulas Nissan Terra sebagai referensi untuk kamu yang ingin membeli mobil SUV terbaru. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya!

Eksterior Nissan Terra

Soal desain, sejatinya Nissan Terra tidak menawarkan hal yang istimewa. Pada bagian grille depan, terdapat V-Motion khas mobil Nissan yang diapit lampu dengan desain yang nyaris mirip dengan Navara, sedangkan varian tertingginya sudah didukung dengan DRL di dalamnya.

Beralih ke over fender depan, rancangan dibuat seimbang dengan bagian belakang yang begitu khas a la mobil SU dan yang paling menonjol adalah kaca bagian samping yang terlihat lebih besar ketimbang bagian lainnya.

Untuk menjamin kenyamanan, Nissan Terra menyematkan velg berbahan alloy berukuran 18 inch untuk varian tertingginya. Sementara, varian rendahnya memiliki velg berukuran 17 inch dengan tambahan pijakan kaki di bagian bawah untuk memudahkan akses keluar dan masuk dari penumpang.

Memiliki bodi yang panjang, Nissan Terra menjanjikan kabin yang luas untuk kenyamanan. Begitu pula dengan bagian bagasi yang kapasitasnya sangat mumpuni untuk menyimpan berbagai macam barang, namun belum dilengkapi pengendali elektrik seperti pesaingnya sehingga cukup merepotkan saat ingin mengaksesnya.

Interior Nissan Terra

Diadopsi dari platform Navara, bagian dashboard tidak mengalami ubahan. Desainnya dibuat sangat mirip, namun tuas transmisi dirancang lebih mewah dengan tambahan cup holder dan tuas rem tangan yang dihilangkan. Melalui hilangnya fitur tersebut, hal ini menandakan bahwa Terra sudah dilengkapi dengan rem parkir elektrik.

Pada baris kedua, kabin dibuat sangat lega, termasuk pintu samping yang bisa dibuka hingga 90 derajat untuk memudahkan akses penumpang. Adapun, fitur khusus yang tersedia di Nissan Terra cukup beragam, seperti fitur Nissan Intelligent Mobility untuk menjamin keamanan penggunannya, termasuk menjadi SUV pertama dengan fitur Intelligent Rear View Mirror untuk membebaskan kamu melihat kondisi luar tanpa halangan melalui monitor LCD.

Di Nissan Terra,  juga bisa menemukan fitur menarik lain seperti Lane Departure Warning dan Blind Spot Warning yang dipakai saat berpindah jalur, Intelligent Around View Monitor yang didukung dengan teknologi teknologi moving object detection, serta fitur 4WD More Switch yang siap melibas semua medan jalan untuk dilalui.

Performa Nissan Terra

Kinerja mesin menjadi keunggulan utama dari SUV ini. Pasalnya, Nissan menyematkan mesin turbo diesel dengan empat silinder menyerupai Navara yang sanggup hasilkan tenaga mencapai 190 PS dan torsi puncak di 450 Nm. Di atas kertas, tentunya kemampuan ini jauh lebih kencang ketimbang Mitsubishi Pajero Sport yang memiliki tenaga 10 PS lebih kecil dan torsi 20 Nm lebih sedikit.

Adapun, mesin diesel YD25 bukanlah teknologi baru, melainkan pengembangan teknologi yang sudah eksis sejak lama namun mendapatkan sejumlah perbaikan untuk tingkatkan kemampuan. Mesin ini identik dengan perawatan yang sangat mudah meskipun menggunakan bahan bakar buruk, di mana blok mesin dibuat dari besi tempa dengan kepala silinder alumunium, termasuk penggunaan chain belt yang menjamin waktu penggunaan lebih panjang dan tangguh ketimbang timing belt.

Hadirnya Nissan Terra di Indonesia siap bertarung di pasar SUV yang sebelumnya dihuni oleh Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu Mu-X dan Chevrolet Trailblazer. Untuk harganya, Nissan terra varian terendah dijual mulai Rp480 juta, sedangkan varian atasnya akan dibanderol Rp650 juta untuk OTR Jakarta. Kamu tertarik dengan SUV yang satu ini?