GIIAS 2018 : Produsen Mobil Adu Produk Baru

Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito (kiri) bersama dengan Head of Datsun Indonesia Masato Nakamura (kanan) berfoto dengan The New Datsun GO belum lama ini. - Ist
01 Agustus 2018 10:30 WIB Holy Kartika N.S., Rheisnayu Cyntara & Thomas Mola Otomotif Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali menggelar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang pada 2-12 Agustus 2018. Pada perhelatan ini, masing-masing produsen saling memperkenalkan produk teranyar.

Datsun Indonesia, misalnya. Head of Datsun Indonesia Masato Nakamura mengatakan produk baru ini diharapkan mampu menambah variasi pilihan kepada pelanggan, terutama bagi generasi muda yang memiliki gaya hidup aktif. Menurut dia, mobil ini dibuat untuk memenuhi tren yang populer saat ini di Indonesia. Yakni mengekspresikan diri dengan cara memberikan sentuhan personal pada mobil mereka.

“Mobil ini akan membuat pemiliknya tampil beda,” katanya dalam rilis, Selasa (31/7).

Nakamura menambahkan model baru tersebut akan diluncurkan saat press conference GIIAS di booth Datsun pada pukul 17.00 WIB. Bertempat di Hall 9A pada 2 Agustus mendatang.

Presiden Direktur PT Hyundai Motor Indonesia (HMI) Mukiat Sutikno mengatakan Hyundai akan menghadirkan empat produk baru pada GIIAS 2018. Terdapat dua kendaraan bermesin bensin, dan dua lainnya bermesin diesel. "Dua mesin bensin dan dua diesel," ujarnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) Senin, (30/7).

Sepanjang semester I/2018, Hyundai telah menjual kendaraan ke dealer sebanyak 478 unit. Beberapa jenis kendaraan Hyundai yang banyak diminati masyarakat antara lain Hyundai H-1 dan Starex.

Secara terpisah, PT Eurokars Motor Indonesia, distributor resmi Mazda di Indonesia, juga berencana merilis dua produk baru pada ajang GIIAS 2018. Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) Roy Arman Arfandi mengatakan untuk menambah kelengkapan lines up, EMI akan merilis dua produk baru. "Nanti di GIIAS akan keluar dua model," katanya kepada JIBI.

Roy mengatakan pada tahun ini EMI mengincar penjualan sebanyak 8.000 unit. Hingga semester I/2018, penjualan wholesales EMI sebanyak 2.769 unit sepanjang semester I/2018. Jumlah itu naik sebesar 73,8% dibandingkankan periode yang sama tahun lalu.

Mobil Mewah

President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan mengatakan secara global BMW merupakan merek premium terdepan dalam hal kendaraan listrik. Ajang GIIAS menjadi momen yang tepat bagi BMW Group untuk mengeluarkan model kendaraan dari BMW dan Mini.

"BMW Indonesia secara perdana akan meluncurkan sebuah kendaraan sport masa depan yang merupakan ikon desain BMW i. Tampilan sebuah kendaraan konsep BMW yang mengubah persepsi akan sebuah kendaraan mewah yang lapang,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima JIBI, Senin, (30/7).

Ramesh menjelaskan pada GIIAS juga akan hadir ragam kendaraan BMW lainnya mulai dari segmen sedan, sport activity vehicle, touring, gran turismo hingga roadster. Adapun untuk Mini Indonesia akan terdapat tiga produk baru yang dirilis ke pasar Tanah Air.

Selain hadirkan lini kendaraan terbaru BMW dan Mini, BMW Group Indonesia juga akan menawarkan beragam variasi pembiayaan dari BMW Financial Services yang diklaim memudahkan proses akuisisi kendaraan, perpanjangan masa garansi hingga tambahan asuransi. Adapun, BMW Extended Warranty yang mencakup BMW Service Inclusive dan juga BMW Repair Inclusive.

Pada GIIAS juga, BMW Group Indonesia menawarkan cicilan dengan bunga 0% untuk pembelian beberapa varian model kendaraan BMW sepanjang GIIAS 2018 dengan skema kredit kendaraan bermotor dari BMW Financial Services. Khusus untuk pembelian BMW Seri 3, BMW Seri 5 dan BMW Seri 7, konsumen dibebaskan dari bunga cicilan hingga tiga tahun.

Sementara untuk varian BMW X1 xLine, konsumen juga memeroleh keuntungan yang sama selama satu tahun. Adapun seluruh pembelian kendaraan selama GIIAS 2018, akan secara otomatis mendapatkan BMW extended warranty selama satu tahun.

“BMW Group Indonesia berharap kehadiran BMW dan Mini selama pameran ini dapat menjawab kebutuhan pelanggan akan mobilitas masa depan, di mana kendaraan lebih terkoneksi dengan pengguna dan ramah lingkungan,” katanya.