Xpander Kuasai Pasar, Ertiga Tumbuh Signifikan

Pengunjung melihat-lihat mobil Mitsubishi Xpander yang dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 hari terakhir di Jakarta, Minggu (29 - 4).Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
11 Juli 2018 06:31 WIB Rheisnayu Cyntara Otomotif Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, JOGJA—Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Mei 2018, penjualan kendaraan secara wholesales untuk segmen low multi purpose vehicle (low MPV) dikuasai oleh Mitsubishi Xpander. Disusul oleh Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio. 

Mobil keluarga berkapasitas tujuh penumpang memang masih jadi incaran konsumen. Meskipun demikian, secara total penjualan pada Mei merosot dibandingkan bulan sebelumnya. Total penjualan mencapai 100.494 unit atau turun 1.764 dari bulan sebelumnya yakni 102.258 unit. 

Penjualan Mitsubishi Xpander yang menempati posisi pertama meningkat dari bulan sebelumnya. Yakni dari 7.097 unit menjadi 7.601 unit pada Mei. Begitu pun dengan Toyota Avanza yang naik tipis yakni 6.917 unit dari 6.480 unit. 

Kenaikan penjualan yang cukup signifikan diraih oleh pemegang posisi ketiga yakni Suzuki Ertiga. Pada April 2018, penjualan Ertiga hanya mencapai 1.894 unit tetapi pada Mei bisa melejit menjadi 4.449 unit. 

GM Sumber Baru Mobil Rizky Indriananta menuturkan berdasarkan data yang ada, Ertiga mampu meraih market share sebanyak 17%. Menurutnya pencapaian ini menggembirakan, apalagi generasi baru All New Ertiga baru resmi diluncurkan pada April lalu secara nasional. Sedangkan di Jogja, baru resmi diperkenalkan pada pertengahan Mei. 

Di Jogja, animo masyarakat akan Suzuki Ertiga terlihat saat menjelang Lebaran. Mobil penumpang ini banyak dicari konsumen. Rizki menyebut stok sebanyak 140 unit pada Mei lalu masih kurang memenuhi permintaan konsumen, sehingga beberapa konsumen harus indent untuk mendapatkan All New Ertiga ini. Sedangkan stok New Ertiga sebanyak 200 unit juga ludes tak bersisa. 

"Biaya servis yang murah, bisa menghemat hingga 30 persen," katanya, Selasa (10/7). 

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia